Cara Menyuburkan Tanaman Hias dengan Bahan Tidak Terpakai

Anda perlu mencoba cara berikut dalam menyuburkan tanaman hias kesayangan anda.  Bahan yang digunakan pun dari bahan yang sudah tidak terpakai. Pernahkah anda para pembaca mendapati tanaman bunga kesayangan tampak layu? Atau tanaman yang memiliki bunga, bunganya tidak kunjung mekar?

Jika iya, mungkin beberapa cara ini bisa menjadi alternatif yang pas untuk anda coba agar tanaman anda menjadi subur kembali, antara lain:

1. Menggunakan sisa obat untuk menyuburkan tanaman

Pil, kapsul ataupun kaplet obat-obatan yang sudah kadaluarsa di rumah jangan buru-buru di buang terlebih dahulu. Karena obat-obatan tersebut masih bisa kita gunakan sebagai bahan penunjang untuk menyuburkan tanaman. Caranya: hancurkan obat-obatan tersebut sampai menjadi bubuk, lalu segera taburkan atau tebarkan di sekitar tanah tanaman anda. Semoga berhasil

2. Menggunakan kulit pisang sebagai penyubur tanaman berbunga

Caranya: ambil kulit pisang yang sebelumnya sudah anda simpan beberapa hari hingga coklat dan kering. Kemudian, tumbuk lah kulit pisang tersebut hingga lembut, taburkan di sekitar tanaman bunga anda setiap pagi dan sore hari. Semoga berhasil

3. Memanfaatkan ampas teh untuk menyuburkan tanaman di pot

Caranya: Ampas teh yang anda miliki cukup anda sebarkan di sekitar tanaman sambil agak sedikit ditekan/dibenamkan ke dalam tanah. Jika anda menggunakan teh celup, maka buka dulu kertas saringannya lalu gunakan bagian ampasnya saja. Semoga berhasil

Bahan lain yang bisa anda gunakan yaitu Vetsin.  Vetsin atau banyak orang mengenal michin. Ya, vetsin dapat digunakan sebagai pupuk untuk beragam jenis tanaman hias yang kita miliki karena mengandung garam-garaman dan zat-zat mikro yang juga berguna untuk tanaman.

Caranya pemanfaatannya yaitu, taburkan vetsin sedikit demi sedikit ke permukaan media tanam dan siram dengan air bersih sedikit demi sedikit, hinga vetsin tersebut meresap ke dalam media. Ulangi perlakuan tersebut setiap lima atau tujuh hari sekali. Maka tanaman hias anda akan menjadi lebih subur dan sehat.

Nah itulah beberapa bahan-bahan yang mungkin belum pernah anda coba sebelumnya namun sudah memberikan pengaruh terhadap tanaman hias anda yang kurang subu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

One Response

  1. ocha 05/06/2015 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya