Menyelesaikan Perhitungan di Excel Secara Cepat dengan Macros

Jika anda seorang akuntan atau peneliti pastinya akan bermain dengan angka-angka dan menyelesaikannya dengan rumus di Excel.  Biasanya dalam suatu pengerjaan ada beberapa Sheet dalam satu file yang anda akan selesaikan.  Ada beberapa cara dalam menyelesaikan pekerjaan anda tersebut dengan cepat.

Cara pertama yaitu jika data anda berupa data dengan rumus tetap/saat anda hanya mengkopi data angka yang anda olah ke dalam kolom angka yang sudah anda kelola sebelumnya.  Contohnya seperti berikut:

Data excel contohPada tabel data bisa anda ganti dengan data baru atau lainnya dengan syarat pada tabel A,B,C,D,dan TOTAL sudah dibuat rumusnya.

Cara kedua yaitu dengan memanfaatkan Tool Macros, umumnya orang membuat program dengan tools ini namun jika anda yang tidak tahu bahasa pemprograman anda bisa menggunakannya juga untuk menyelesaikan perhitungan yang sama denga perhitungan sebelumnya secara cepat.

Cara Penggunaan Record Macros

Kita akan menggunakan Tool Record Macro,  fungsinya yaitu untuk merekam aktifitas pengetikan di worksheet atau lembar kerja excel.  Berikut cara penggunannya:

1. Pertama kita selesaikan dahulu pembuatan rumus pada setiap tabel, namun sebelumnya silahkan anda pilih Tab Menu View -> Macros -> Record Macro.

membuat rumus excel dengan macros

Lalu akan muncul box Record Macro, ketikan nama record anda lalu OK untuk menjalankannya.

Record Macro

2. Lalu buatlah rumus dari setiap tabel hingga selesai.

membuat rumus

Jika sudah selesai pembuatan rumus selanjutnya hentikan perekaman macros yaitu dengan memilih Tab Menu View -> Macros -> Stop Recording.

stop record macros

3. Buka sheet baru, lalu masukkan data yang baru.

4. Lalu letakkan kursor cell pada kolom baris yang akan kita isi pertama kali anda membuat rumus sebelumnya, kalau di contoh saya ini yaitu cell C3.  Lalu pilih Tab Menu View -> Macros ->View Macros, pilih rekaman macros anda tadi lalu RUN.

membuat program macros

Maka Excel akan menjalankan rumus anda tadi dan menyelesaikan perhitungan anda dengan cepat.

hasil akhir macros

Mudah sekali bukan dalam menyelesaikan perhitungan dengan menggunakan Microsoft Excel.  Silahkan anda pilih cara yang menurut anda cepat dan mudah untuk digunakan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya