Membuat Format Layout Majalah Koran di Microsoft Word

Pada umumnya produsen koran atau majalah memakai software tertentu dalam mengedit dan membuat tulisan mereka.  Biasanya pada media cetak tersebut sangat khas sekali formatnya yaitu terdiri dari beberapa kolom dan diawali huruf kapital yang besar.  Anda pun bisa membuat majalah atau buletin sendiri dengan format layout seperti di majalah dan koran hanya dengan menggunakan Microsoft Word.

Cara membuat format atau layout seperti majalah dan koran sangatlah mudah karena di Word sendiri sudah tersedia tools-nya.  Bailah langsung saja simak caranya sebagai berikut:

Cara Membuat Layout Seperti Majalah dan Koran di Microsoft Word

1. Buka fie dokumen Microsoft Word anda yang sudah ada artikelnya.

2. Selanjutnya yaitu membuat tulisan pada artikel menjadi dua kolom caranya yaitu Pilih tulisan anda dari kata pertama sampai kata terakhir, lalu pilih Tab Menu Page Layout -> Columns -> Two.

format kolom word

3. Maka tulisan artikel anda akan menjadi dua kolom.  Selanjutnya yaitu membuat kata awal hurufnya menjadi besar.  Caranya yaitu pilih Tab Menu Insert -> Drop Cap. Maka huruf pada awal kata akan besar seperti berikut.

format koran microsoft word

4. Selanjutnya silahkan anda masukkan sebuah gambar dengan cara pilih menu INSERT -> PICTURE.  Lalu setelah gambar sudah berada di artikel anda silahkan pilih Tab Manu Format ->Position -> With Text Wrapping.

Format majalah M Word

5. Dan berikut hasil akhir dari format layout koran dan majalah di artikel saya.

Format Majalah dan Koran di Microsoft Word

Format Majalah dan Koran di Microsoft Word

Sangat mudah sekali kan membuat format layaout seperti koran dan majalah dengan menggunakan Microsoft Word 2007 atau 2010.  Dengan cara beginipun anda sudah bisa mencetaknya dan membagikannya ke masyarakat terkait informasi yang anda dapatkan lalu dibuatlah seperti majalah dan koran.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. Belajar Desain Koran 05/03/2014 Reply
  2. cholis 27/08/2014 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya