Membuat Aplikasi Widgets Twitter Sendiri dan Dipasang di Blog

Kali ini saya akan mengulas cara membuat widgets Twitter Sendiri yang nantinya bisa dipasang di blog kesayangan anda baik WordPress atau blogspot.  Sudah tidak bisa dipungkiri lagi saat ini situs jejaring sosial menjadi primadona masyarakat dalam berbagi informasi dan menjalin pertemanan.  Seperti halnya dengan Facebook yang memberikan fasilitas penggunanya untuk membuat sebuah aplikasi beruba widgets untuk menghubungkan Facebook dengan Blog penggunanya, kini Twitter pun ada.

Untuk membuat aplikasi widget Twitter sangatlah mudah karena Twitter sendiri menyediakan toolsnya.  Mungkin tidak usah berpanjang lebar mari kita buat widgetsnya.

Cara Membuat Aplikasi Widgets Twitter Sendiri

1. Silahkan login ke akun Twitter anda dengan menggunakan komputer

2. Pilih menu Settings (di pojok kanan atas)

Menu Settings di Twitter

Menu Settings di Twitter

3. Lalu piih menu WIDGETS -> CREATE NEW

membuat widgets twitter

Create Widgets

4. Setelah itu akan muncul pengaturan, sesuaikan pengaturan yang anda inginkan.  Anda dapat melihat hasil settingan widgets anda tersebut di sebelah sisi kanan (PREVIEW).  Jika merasa sudah cukup pilih tombol CREATE WIDGET.

Membuat Widgets Twitter di Blog

Setting Widget Twitter

5. Setelah itu di bagian bawah contoh kotak Widgets yang anda buat akan muncul kode HTML, silahkan anda kopi kode tersebut dan pasang di Widgets atau gadgets di blog anda.

Widgets twitter untuk blog

Memasang Widget Twitter di Blog

Memasang Widget di WordPress

Memasang Widget di WordPress

Untuk pengguna WordPress bisa menambahkan widgets di menu Appearance ->Widgets.

Berikut contoh Widget Twitter punya saya.

Widgets Twitter di Blog WordPress

Mudah sekali kan dalam membuat widgets Twitter sendiri lalu memasangkannya di blog anda.  Manfaat dari widget ini ketika di pasang di blog anda yaitu para pembaca dapat membaca status Twitter anda melalui blog anda, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya