Solusi Upload Foto ke Instagram Agar Pas Persegi

Instagram adalah aplikasi sosial media di smartphone untuk berbagi foto.  Foto yang di upload ke Instagram berbentuk persegi, pastinya kita akan menemukan masalah jika memiliki foto yang landscape maka ada bagian foto yang terpotong dan tidak bisa di tampilkan secara full di aplikasi ini.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan cara bagaimana mengupload foto ke instagram agar pas dengan bentuk persegi.  Namun sebelumnya jika anda belum memiliki akun Instagram silahkan anda baca tutorialnya “Cara Daftar Instagram“. Baiklah simak caranya berikut ini:

Cara Upload Foto Landscape ke Instagram Agar Persegi

1. Misal anda memiliki foto dengan bentuk landscape, buka foto tersebut di galeri anda.  Setelah itu tekan tombol Screenshot atau Capture di smartphone anda.

Screenshot foto di Android

Screenshot foto

2. Buka foto hasil capture tadi lalu edit, dalam hal ini saya memakai Samsung Galaxy Tab.  Lakukan CROP foto, kalau bisa croplah dengan ukuran persegi, lalu di SAVE hasil editan anda tersebut.

Edit Crop Foto di Android

Menu Edit Crop Foto

Cara Crop Foto di Android

Crop Foto dengan ukuran Persegi

Nah berikut hasil Crop-an tadi:

Hasil Foto Crop

Hasil Foto Crop

3. Selanjutnya yaitu upload ke akun Instagram anda, jika belum tahu cara melakukannya silahkan baca tutorialnya “Cara Upload Foto di Instagram“. Taraa dan berikut ini hasilnya.

Upload Foto ke Instagram

Hasilnya di Instagram

Dengan cara tersebut maka foto dengan tampilan landscape anda akan terlihat full atau terlihat semua bagiannya.  Jika tidak dilakukan seperti yang saya ajarkan tersebut maka foto landscape anda akan terpotong pada bagian sisinya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya