5 Kegiatan Bermanfaat di Hari Libur Semester

Menjelang liburan semester pastinya setiap orang punya pilihan tempat-tempat berlibur. Menikmati massa libur yang cukup lama dapat dilakukan bersama keluarga dan kerabat terdekat. Namun untuk anda yang masih berstatus mahasiswa atau pelajar, sebaiknya liburan akhir semester jangan hanya digunakan untuk bersantai-santai. Anda bisa menggunakan sebagian dari waktu liburan anda untuk kegiatan seperti berikut ini :

1. Membuat perencanaan atau target-target

Perencanaan adalah kegiatan yang penting untuk dilakukan agar agenda-agenda yang diinginkan dapat berjalan dengan sukses. Perusahaan-perusahaan besar dan orang-orang besar pasti melakukan perencanaan yang rinci untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Anda dapat melakukan perencanaan bagi hidup anda dengan menuliskannnya di sebuah kertas dalam beberapa poin. Buat perencanaan anda dalam jangka waktu pendek dan jangka waktu panjang. Dalam membuat perencanaan anda harus mempertimbangkan kelemahan, kekuatan, peluang, dan ancaman sehingga yang tertulis dalam kertas anda adalah sesuatu yang realistis untuk dapat anda capai.

2. Aktif dalam kegiatan organisasi kampus

Hari libur meskipun banyak mahasiswa yang pulang ke kampung halamannya, namun adakalanya justru menjadi kesempatan untuk mengadakan event di kampus. Sebagai organisator anda dapat mengikuti kegiatan kemahasiswaan di kampus untuk menambah pengalaman anda dalam berorganisasi dan tentunya menghilangkan kejenuhan dalam mengisi waktu libur. Anda dapat bersilaturahmi antar anggota organisasi anda, mengadakan event-event di kampus, atau berlibur bersama teman-teman organisasi anda.

3. Ikut pesantren kilat

Biasanya ada paket liburan di pondok-pondok pesantren. Anda dapat mengikuti paket liburan tersebut misalnya paket pesantren satu hari, tiga hari, atau satu minggu. Kegiatan pesantren kilat ini akan menambah kualitas ibadah anda, mendekatkan anda kepada Tuhan dan menambah teman baru dan ikatan persaudaraan di antara umat muslim.

4. Berkemah dan petualangan

Berpetualang menyusuri hutan dan gunung merupakan petualangan yang seru dan memberikan kesan indah. Setidaknya satu kali dalam hidup anda, anda dapat merencanakan untuk berpetualang bersama teman-teman anda atau kerabat anda. Liburan ini dapat menambah kecintaan anda terhadap alam dan kekaguman anda kepada tuhan atas kekuasaann-Nya dalam penciptaan-Nya.

5. Menyelususri jejak sejarah

Bagi anda yang ingin menambah pengetahuan anda tentang sejarah apapun itu seperti, sejarah suatu kota, kesuksesan zaman kerajaan di masa lalu, sejarah suatu tempat dan lain-lain anda dapat mengunjungi tempat-tempat sejarah tersebut seperti candi dan museum. Dengan berkunjung ke tempat-tempat sejarah anda dapat belajar tentang masa lalu yang merubah masa kini, dampaknya adalah anda akan lebih mencintai negeri sendiri. Sejarah juga bisa anda dapatkan dengan melakukan pendekatan history dan sosial kepada masyarakat lokal, masyarakat yang tinggal di tempat sejarah yang ingin anda ketahui.

Demikian lima hal yang dapat anda lakukan untuk mengisi waktu libur semester anda sehingga waktu libur anda akan lebih menyenangkan dan bermanfaat. Selamat menikmati libur akhir semester anda.

Kolom Komentar dan Bertanya