5 Cara Belajar untuk Mempersiapkan Ujian Semester Sekolah

Hey… hey.. buat kamu yang masih berstatus pelajar.. apa aja si persiapan yang kamu lakukan untuk menghadapi ujian sekolah? Menjelang ujian sekolah seperti ini, apakah kamu masih bersantai-santai dengan waktu yang ada atau kamu sudah memulainya dengan cara-cara khusus?

Friends, biasanya persiapan ujian sekolah hanya dilakukan secara SKS. Tahu kan apa itu SKS? Sistem Kebut Semalem coy!! Padahal, ada banyak macam mata pelajaran sekolah yang harus kamu siapkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Kira-kira, apakah dapat memberikan hasil yang maksimal kalau cuma belajar secara SKS? Toeng.. toeng…

Zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini sebenarnya banyak keuntungan yang dapat kamu peroleh. Tapi banyak juga dampak negatifnya kalau kamu nggak bisa mengendalikan diri kamu sendiri. Game on line, gaya hidup material (nge-moll), karaoke-an, dan beberapa hal lainnya sudah menjadi trend hidup remaja yang sering disebut “remaja gaul”. Akibatnya, kamu lupa dengan status kamu yakni kamu adalah seorang pelajar. Pelajar artinya sebagian besar waktu kamu harus digunakan untuk belajar.

Nah, kesempatan kali ini, ada tips mempersiapakan ujian sekolah, beberapa diantaranya adalah :

1. Belajar mandiri setiap menjelang atau sesudah waktu shubuh Waktu-waktu pagi adalah waktu yang baik untuk belajar. Pada waktu ini, pikiran lebih terasa fresh dibandingkan waktu yang lainnya karena otak kamu baru aja diistirahatin. Dalam belajar biasanya kita butuh suasana yang tenang dan nyaman. Dan waktu pagi sebelum atau sesudah shubuh ini adalah waktu yang pas buat kamu menghafal pelajaran atau memahami rumus-rumus yang unik itu. Kamu bisa mengulang pelajaran yang telah diajarkan atau mempersiapkan tema yang akan dipelajari di sekolah. Dengan mengulang dan mempersiapkan pelajaran diharapkan akan memudahkan kamu dalam mengingat dan memaknai setiap tema dari pelajaran tersbebut.

2. Memanggil guru privat ke rumah Bagi kamu-kamu yang suka dengan suasana belajar yang sepi dan fokus, kamu bisa mengundang seorang guru privat ke rumah. Biasanya guru privat ini adalah para mahasiswa atau mahasiswi tingkat akhir. Kamu bisa mengundang mereka sesuai dengan pelajaran yang ingin kamu tekuni seperti fisika, kimia, atau matematika. Belajar berdua dengan guru privat akan memberikan keleluasaan bagi kamu untuk bertanya lebih banyak. Tanpa harus malu dengan kawan-kawan yang lain. Kamu juga bisa mendapatkan cerita-cerita seputar dunia kampus dengan tutor kamu, karena mereka lebih dulu ada di kampus.

3. Bimbel di lembaga pendidikan Sekarang ini banyak bermunculan lembaga-lembaga non formal yang berdiri untuk membantu kamu dalam memahami pelajaran sekolah. Lembaga non formal ini biasanya menerima siswa-siswi dari tingkat SD sampai dengan SMA. Lembaga non formal juga menawarkan paket belajar dari yang reguler sampai dengan intensif dengan tingkat biaya dan waktu yang berbeda. Dalam satu kelas biasanya terdiri dari 15 sampai 20 orang. Dengan banyaknya orang dalam satu kelas, kamu akan mendapatkan teman baru dan juga teman untuk berdiskusi terkait mata pelajaran yang sulit untuk kamu kuasai. Lembaga non formal biasanya juga menyediakan paket bimbel untuk penerimaan mahasiswa baru. So, dengan mengikuti bimbel di lembaga non formal, belajar kamu akan lebih mengasyikkan

4. Belajar kelompok Biasanya, setiap pelajar memiliki geng bermain ketika di sekolah. Nah, supaya lebih akrab dan perkumpulan kamu jadi bermanfaat kamu dapat mengajak temen-temen geng bermain kamu untuk juga belajar bersama di luar sekolah. Kamu dapat bergantian ke rumah masing-masing temen kamu untuk berdiskusi bersama dan mengerjakan soal-soal latihan bersama-sama. Selain belajar bersama, kamu juga bisa mengenal keluarga msaing-masing temen kamu.

5. Belajar bersama teman satu kelas Nah, kalau yang ini biasanya sudah diadakan oleh pihak sekolah. Terutama kalau menjelang ujian akhir nasional. Tapi kamu bisa juga menerapkan ketika menjelang ujian sekolah biasa. Kamu bersama teman-teman sekelas sepakat untuk menambah jam belajar kamu disekolah dengan mengundang guru sekolah kamu untuk mengajarkannya. Buat situasinya yang rileks dan menyenangkan agar proses belajar dapat berjalan dengan baik.

Friensd, itu tadi 5 point yang dapat kamu lakukan menjelang persiapan ujian sekolah. Jika kamu tidak punya biaya untuk membayar kursus atau bimbel masih ada cara lain bukan untuk bisa belajar lebih baik lagi. Dengan persiapan-persiapan di atas, diharapkan kamu dapat memberikan hasil yang terbaik bagi kedua orangtua kamu. Dan, barangkali dengan kesuksesan kamu dalam melewati ujian sekolah, kamu bakal dapet hadiah atau reward dari orangtua, teman, atau pihak sekolah. Hemm…. Siapa yang mau? (#Eny Evans).

Kolom Komentar dan Bertanya