Merubah Jenis Papan Ketikan Keyboard di Android

Merubah Ubah Keyboard AndroidSmartphone Android merupakan salah satu jenis OS Gadget yang saat ini banyak digunakan oleh produsen gadgeters dunia.  Keunggulan dari jenis OS ini membuatnya meningkat tajam dari penggunaan oleh pecinta gadget.  Rata-rata smartphone yang menggunakan OS ini memiliki navigasi berupa touchscreen.

Dalam navigasi Android dengan layar sentuh tersebut menampilan Screen Keyboard yang digunakan kita untuk mengetikkan huruf dan angka.  Anda dapat mengatur tampilan screen keyboard sesuai selera anda.  Ada 3 jenis tampilan Screen Keyboard di Android yaitu seperti pada Keyboard Komputer, Seperti Tombol Qwerty, dan Seperti Tombol Handphone pada umumnya.  Pada kesempatan ini saya akan share cara mengganti screen tombol keyboard kepada anda, saya akan menerapkannya di Samsung Galaxy Tab.

1. Buka layanan pesan anda, misal anda ingin mengirim SMS.

2.  Saat anda membukanya anda akan ditampilkan layar screen keyboard standar dari Android.

3. Kemudian pilih menu ICON GAMBAR KEYBOARD di TaskBar.

Ubah Keyboard Android_1

4. Setelah itu akan muncul Jenis Tipe Keyboard, untuk jenis tipe standarnya yaitu SAMSUNG KEYBOARD.  Silahkan anda pilih DioPen Chinese IME.

Ubah Keyboard Android_2

Nah berikut tampilannya setelah anda memilih tadi:

Ubah Keyboard Android_3

Nah untuk tampilan di atas adalah jenis Qwerty, untuk merubah ke jenis keyboard seperti pada handphone jaman dahulu tekan menu SETTING (Logo Gear).  Lalu pilih 3×4 Keypad, seperti berikut tampilannya.

Tampilan Keyboard 3x4 Keypad

Tampilan Keyboard 3×4 Keypad

Anda juga bisa menulis dengan goresan tangan seperti halnya anda menulis dengan pensil.  Caranya sama saja pilih menu Setting >> Handwriting Box.  Seperti berikut tampilannya:

Tampilan Handwriting Box

Tampilan Handwriting Box

Dengan begini anda bisa mengetikkan pesan denganc epat dengan model settingan Keyboard yang menurut anda nyaman dan cepat.  Selain cara di atas anda juga bisa menggunakan jenis “Google Voice Typing” artinya anda mengetik pesan dengan perkataan anda, anda hanya bicara maka android anda akan menterjemahkannya ke dalam bentuk text.

Tampilan Google Voice Typing

Tampilan Google Voice Typing

Cara mengubah jenis keyboard ini saya coba di Samsung Android, mungkin setiap produsen smartphone memiliki tampilan yang berbeda namun intinya tetap sama saja.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

12 Comments

  1. blair 27/07/2014 Reply
    • kusnendar 27/07/2014 Reply
    • eren jaeger 10/09/2014 Reply
      • kusnendar 10/09/2014 Reply
  2. faisal rachman 14/08/2014 Reply
    • kusnendar 15/08/2014 Reply
  3. sesi 09/09/2014 Reply
    • kusnendar 10/09/2014 Reply
  4. Siti hermania 10/09/2015 Reply
    • kusnendar 11/09/2015 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya