3 Tips Memilih dan Menggunakan Power Bank yang Benar versi Pengalamanku

Saat ini banyak sekali jenis smartphone yang bermunculan di pasar gadget.  Berbeda dengan handphone jaman dahulu yang memiliki ketahanan baterai berhari-hari, sekarang mungkin baterai cukup dipakai 1 hari saja setelah itu anda harus men-charge nya.  Hal tersebut dikarenakan handphone saat ini memiliki banyak aplikasi dan multifungsi sehingga dapat menghabiskan daya listrik baterai.  Untuk mengatasi hal tersebut maka muncullah alat berupa Power Bank.  Alat ini merupakan alat penyimpan daya listrik untuk dapat melakukan charge handphone anda secara praktis.

Namun anda tidak boleh menggunakan sembarang Power Bank, hal tersebut dikarenakan jika anda salah pilih justru akan merusak smartphone anda.  Selain itu perlu juga memperhatikan cara pemakaiannnya.  Jika anda tidak memperhatikan hal tersebut maka kerusakan yang bisa ditimbulkan yaitu terbakarnya smartphone anda, kemudian tidak berfungsinya tombol-tombol dan baterai tambah boros.  Nah pada kesempatan ini saya akan berbagi tips bagaimana cara memilih Power Bank dan cara penggunaannya yang benar.

Tips Memilih Power Bank untuk Smartphone

Perlu hati-hati dala memilih Power Bank sebelum anda menggunakannya di smartphone anda.

  1. Pastikan lebih banyak membaca artikel mengenai Power Bank dari situs dan majalah seluler terkenal untuk mengupulkan informasi tipe dan jenis Power Bank yang cocok untuk smartphone anda.
  2. Pilihlah power bank yang dapat digunakan 2 kali charge, misal kapasitas baterai smartphone anda 2200 mAh maka pilihlah 5600 mAh. Hal tersebut dikarenakan semaki tinggi daya maka pasokan saat dilakukan charge maka baterai anda akan cepat penuh, logikanya seperti ini: arus listrik dengan daya PB besar akan memaksa masuk ke baterai smartphone anda dengan cepat dibandingkan anda mencharge normal ke arus listik langsung.  Dengan begitu baterai anda akan terasa panas.  Selain itu terkadang di power bank tidak ada alat penstabill arus seperti pada charge dari smartphone anda.
  3. Pilihlah Power Bank yang memberikan garansi dan memiliki kelengkapan baik daarai konektornya (kabel), dan pilih power bank yang otomatis mati sendiri jika proses charge ke smartpone anda sudah penuh

Cara Memakai Power Bank yang Benar

  1. Saat anda melakukan charge dengan Power Bank lebih baiknya smartphone anda matikan
  2. Lakukan charge ketika daya baterai anda benar-benar habis
  3. Jika proses charge ke smartphone anda sudah penuh diamkan smartphone anda (jangan langsung dihidupkan) tunggu dingin baterai anda yang panas ketika dilakukan charge.

Nah begitulah cara saya dalam memilih dan menggunakan power bank untuk mengisi daya baterai smartphone, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya