Tips Memotret untuk Pas Foto dengan Kamera Saku & HP

Saat ini pas foto banyak digunakan untuk membuat KTP, Ijasah, bahkan ID Card.  Biasanya kita mendapatkan pas foto dengan mengunjungi studio foto yang dilakukan leh fotgrafer yang handal dan kita harus mengeluarkan biaya untuk itu semua.  Namun perlu kita ketahui bahwasanya kita sendiri pun bisa Memotret Pas Foto dengan menggunakan Kamera Saku ataupun Kamera HP kita.

memotret pas foto kamera HP

Dalam memotret untuk Pas Foto dengan kamera saku dan handphone kita harus tah teknik memotretnya.  Nah pada kesempatan ini saya akan membeberkan tipsnya berdasarkan yang pernah saya alami dalam menghasilkan Pas Foto.

Teknik Mengambil Gambar dengan Menggunakan Kamera Saku dan HP

Kita ketahui sendiri kualitas hasil foto dari kamera saku dan HP berbeda dengan kamera DSLR.  Tentu saja yang sangat kita perhatikan dalam penggunaan kamera saku dan HP yaitu ukuran resolusi kameranya.  Kalau kamera saku sudah jelas resolusinya sudah besar namun jika lensa kamer minimal yang dgunakan yaitu 3 MP.  Hal tersebut nantinya berhubungan Ukuran Foto yang dihasilkan apakah tajam atau blur. Berikut beberapa tips memotret untuk pengambilan gambarnya.

1. Posisi kamera tegak agar hasil fotonya berbentuk Protrait.

2. Atur mode pengambilan gambar dengan resolusi paling tinggi di tiap kamera saku dan HP.

3. Untuk kamera saku gunakan modus AUTO sedangkan untuk kamera HP setting pengaturan jarak dekat dan di dalam ruangan agar tidak blur.

4. Background objek kalau bisa berwarna cerah dan berbeda dengan warna baju.  Tujuannya yaitu untuk memudahkan anda dalam mengedit foto nantinya.

5. Kondisi kecerahan dan penyinaran ruangan untuk memotret harus bagus agar memudahkan dalam memotret khususnya kamera HP.

6. Posisi objek dengan sumber cahaya yaitu berhadapan bukan membelakangi.

7. Atur jarak kamera dengan objek dengan tepat.  Untuk kamera HP jaraknya jangan terlalu jauh dengan objek

Mungkin 7 tips di atas dalam teknik pengambilan gambar dengan menggunakan kamera saku dan HP untuk pas foto.  Untuk langkah selanjutnya yaitu pengeditannya saya ulas di tulisan di bagian Edit Foto, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya