Mengecilkan Ukuran Foto Banyak Sekaligus Menggunakan Office Picture Manager

Kompres Foto Banyak Sekaligus yang CepatJika anda memiliki hobi foto dengan kamera DSLR dan sering men-sharenya ke situs sosial media maka perlulah memakan waktu yang lama, selain itu jika anda membuat sebuah laporan dokumen baik Word dan Power Point maka ukuran filenya akan besar dan memberatkan komputer anda.  Apa penyebab dari semua itu? tentu saja ukuran file foto yang dihasilkan kamera DSLR beresolusi tinggi dan tiap file yang dihasilkan berkisar 3-5 MB wow sekali kan.

Banyak cara dalam mengecilkan ukuran foto yaitu dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti paint ataupun photoscape.  Cara tersebut memang efektif untuk mengecilkan file foto atau gambar namun tidak bisa digunakan secara banyak sekaligus.  Untuk mengecilkan ukuran gambar secara sekaligus bisa kita lakukan dengan menggunakan Microsoft Office Picture Manager, tentunya aplikasi ini sudah tidak perluu diinstall lagi karena sudah tersedia di setiap komputer.

Sebenarnya caranya sudah saya ulas di tulisan “Cara Mengecilkan Foto dengan Office Picture Manager“, namun masih cara 1 foto yang dikecilkan.  Nah pada kesempatan kali ini saya akan bahas cara mengecilkan foto banyak sekaligus, simak caranya:

Cara Mengecilkan Ukuran Foto /Gambar Banyak Sekaligus dengan Cepat

1. Misal foto hasil jepretan anda terletak dalam 1 folder, pilih salah satu foto yang akan dikecilkan dulu.  Buka foto tersebut dengan Microsoft Office Picture Manager.

mengecilkan foto sekaligus2. Setelah terbuka foto single yang kamu pilih tadi dengan Picture Manager saatnya kita munculkan foto yang berada pada 1 folder foto anda tadi.  Caranya silahkan pilih THUMBNAIL VIEW.mengecilkan foto sekaligus_2

Maka hasilnya akan muncul semua foto anda yang berada pada 1 folder yang sama.  Langkah selanjutnya pilih semua foto yang akan anda kecilkan ukurannya, caranya tekan CTRL A.

mengecilkan foto sekaligus_33. Setelah itu pilih menu COMPRESS PICTURE, lalu pilih jenis pengkompresan, optimalnya pilih yang “DOCUMENT”. Lalu OK , tunggu sampe proses pengkompresan selesai.

mengecilkan foto sekaligus_44. Jangan lupa setelah proses selesai di SAVE dengan cara tekan tombol CTRL S.  Baru setelah itu anda tutup Microsoft Office Picture Manager dan lihat ukuran file foto anda yang ada dalam 1 folder tadi :-).

Nah begitulah cara saya mengecilkan ukuran foto dalam jumlah yang banyak sekaligus dengan Microsoft Picture Manager.  Denga cara ini maka lebih efisien waktu dan anda bisa mengupload-nya dan ukuran file dokumen anda tidak terlalu besar, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

13 Comments

  1. M Arif H 15/06/2014 Reply
  2. ainul 04/08/2014 Reply
  3. eko 11/08/2014 Reply
  4. Dudy 29/09/2014 Reply
  5. citra lestari 30/09/2014 Reply
  6. Runcanti 02/11/2014 Reply
  7. Dadi Mulyadi 03/11/2014 Reply
  8. Rakka Wibisono 08/01/2015 Reply
  9. jazin 20/02/2015 Reply
  10. Vicky Jihan Ababa 20/02/2015 Reply
  11. ridwan 08/11/2015 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya