Kebiasan Aktifitas yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga Kesehatan OtakOtak merupakan organ bagian tubuh manusia yang penting karena merupakan pusat dari semua aktifitas yang kita lakukan. Selain itu otak merupakan pusat kecerdasan manusia yang membedakan dengan makhluk Tuhan yang lainnya. Semua aktifitas di kontrol secara langsung oleh otak sehingga organ ini harus di jaga seperti halnya organ tubuh lainnya.

Tentunya menjaga organ terpenting ini berbeda dengan yang lainnya. Namun dengan beberapa aktifitas tertentu dapat memberikan pengaruh positif demi kinerja otak kita. Setiap harinya hampir seluruh aktifitas kita di kontrol oleh otak. Dalam keadaan tertentu otak mengalami kondisi terbaiknya dan pada kondisi tertentu pula otak kurang baik. Kondisi tersebut dipengaruhi dengan kebiasan dan aktifitas yang kita lakukan. Nah pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai beberapa aktifitas yang dapat menjaga kesehatan otak anda.

Cara Menjaga Kesehatan Otak

1. Biasakan Bangun Pagi

Otak memiliki jam istirahat yaitu 6-8 jam. Artinya jika anda tidur jam 9 malam maka jam istirahat otak sampai dengan jam 5 pagi. Maka setelah jam tersebut maka otak anda bisa digunakan kembali setelah istirahat. Fakta ini sesuai dengan saat kita menjadi pelajar, waktu yang bagus untuk belajar dan menghafal adalah di saat pagi hari setelah bangun karena kondisi otak masih fresh. Setelah anda bangun dari tidur anda pukul 5, diusahakan jangan tidur lagi karena hal tersebut tidak baik karena melebihi jam istirahat.

2. Olahraga Setelah Bangun Pagi

Setelah otak melewati jam istirahat maka aktifitas yang bagus selanjutnya yaitu berolahraga pagi. Olahraga pagi ini dilakukan minimal dengan jalan pagi di luar. Mengapa saya sarankan demikian, karena udara pagi yang masih segar dan bebas dari polusi baik untuk kesehatan, udara pagi tersebut kemudian diedarkan ke seluruh tubuh dan ke otak melalui aktifitas olahraga.

3. Bangun Tidur Perbanyak Minum Air

Sudah banyak para ahli menjelaskan bahwa minum air putih setelah bangun tidur baik untuk kesehatan. Setelah anda bangun tidur dan melakukan olahraga di pagi hari diusahakan hanya minum air saja. Barulah 3 jam setelah anda bangun anda boleh memakan makanan (OCD).

4. Jangan Begadang

Jika anda begadang maka anda mengurangi jatah otak anda untuk istirahat. Dalam hal ini jika anda belum terbiasa begadang maka saat pagi hari anda masih merasa ngantuk dan kinerja otak anda berkurang.

5. Latih Otak dengan Game

Saat ini sudah banyak sekali Game Asah Otak baik di komputer maupun di handphone. Contohnya seperti game catur, tic tac, sudoku, dll yang membantu otak anda terus terasah.

Itulah beberapa aktifitas dan kegiatan yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak anda. Jika ada masukkan dan saran mengenai tulisan ini silahkan berikan komentar anda apda form yang sudah disediakan, terimakasih.

Kolom Komentar dan Bertanya