Contoh Penggunaan SUMIFS untuk Menjumlahkan 2 Kriteria Berbeda

Penggunaan Rumus SUMIFS ExcelUntuk menjumlahkan data dengan kriteria tertentu anda bisa menggunakan rumus SUMIF ataupun SUMIFS.  Kedua rumus tersebut memang sudah banyak orang mengetahuinya.  Walaupun terlihat sama namun ada perbedaan yang mencolok dari penggunaan dari kedua rumus tersebut.

Agar terlihat perbedaannya anda bisa membaca Penggunaan Rumus SUMIF yang sudah saya tulis seelumnya dan bisa membandingkannya dengan Penggunaan SUMIFS yang akan saya ulas ini.  Baiklah langsung saja kita mulai:

Penggunaan Rumus SUMIFS

1. Misal kita memiliki sebuah dokumen data masuk barang tiap harinya.  Kita ingin mengetahui berapa jumlah barang elektronik TV, LAPTOP, dan PRINTER dengan kondisi yang bagus (OK) dan tidak bagus (NO).  Contohnya seperti ini:

Contoh soal SUMIFS

Contoh soal SUMIFS

2. Baiklah sekarang kita beraksi, kita akan mengetahui jumlah TV yang OK berapa dan yg NO berapa dari data di atas.  Letakkan kursor anda ke Cell “C12“.  Kemudian ketikkan rumus berikut.

=SUMIFS($C$2:$C$9;$B$2:$B$9;$B$12;$D$2:$D$9;C11)

Keterangan:

  • $C$2:$C$9 adalah Cell yang ingin dijumlahkan biasanya dalam bentuk angka
  • $B$2:$B$9 adalah Kriteria Pertama yaitu jenis-jenis elektronik
  • $B$12 adalah Kriteria yang ingin diketahui hasilnya yaitu “TV”
  • $D$2:$D$9 adalah Kriteria Kedua yaitu kondisi barangnya
  • C11 adalah Kriteria yang ingin diketahui hasilnya yaitu “OK”.  Kenapa pada C11 tidak dikunci dengan tombol F4? alasannya yaitu agar rumus bisa di kopi ke samping kanannya untuk mencari hasil di kolom “NO

Nah jika di Excel contohnya seperti ini:

Rumus SUMIFS

Rumus SUMIFS

Untuk kolom NO rumusnya tinggal dikopikan aja dengan yang kolom di OK (C12).  Caranya hanya ganti C11 dengan C12.  Berikut hasilnya:

Nah untuk mencari yang LAPTOP dan PRINTER pada kolom OK  dan NO rumus yang dganti yaitu pada kriteria pertamanya saja ($B$12), misal untuk yang LAPTOP pada OK menjadi.

=SUMIFS($C$2:$C$9;$B$2:$B$9;$B$13;$D$2:$D$9;C11)

Dan berikut hasil akhirnya:

Hasil Contoh Penggunaan SUMIFS

Hasil Contoh Penggunaan SUMIFS

Bagaimana? apakah sudah jelas dengan contoh penggunaan rumus SUMIFS di atas? jika beum jelas silahkan anda bertanya kepada saya dengan memberikan komentar di tulisan ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

5 Comments

  1. isa moehammad 08/09/2014 Reply
  2. afem 22/09/2014 Reply
    • kusnendar 22/09/2014 Reply
      • afem 26/09/2014 Reply
  3. afem 25/09/2014 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya