Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda

Daya ingat manusia memang berbeda antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Ada manusia yang daya ingatnya tinggi sehingga manusia jenis ini intannya akan suatu event atau pembelajaran yang baru akan ingat sampai waktu yang lama, sedangkan manusia dengan daya ingat yang rendah maka akan cenderung cepat dalam melupakan sesuatu.

Akan tetapi meskipun daya ingat seseorang tinggi maka ada kalanya daya ingat tersebut akan menurun, sebgai contoh kita ambil anak-anak berusia 10 tahun daya ingatnya pasti lebih tinggi dibandingkan degan orang dewasa yang telah berumur lebih dari 50 tahun. Kemungkinan sel-sel yang mengantarkan suatu ingatan kepusat syaraf yaitu otak pada usia tua sudah mulai melemah sehingga daya tangkap serta daya ingat usia lanjut sudah menurun, berbeda dengan anak-anak yang sel-sel otaknya masih berfungsi dengan sangat baik sehingga menyebabkan daya tangkap dan daya ingat nya masih kuat.

Tidak heran jika kita sering sekali mendengar istilah bahwa belajar diwaktu muda bagai mengukir diatas batu sedangkan bila belajar dimasa tua seperti mengukir diatas air, yang bermakna bahwa ketika kita belajar diwaktu muda maka akan mudah diingat sedangkan belajar dimasa tua akan lebih cepat lupanya.

Berdasarkan pemaparan diatas kali ini saya akan memberikan beberapa tips-tips untuk menambah daya ingat kita, baik dari segi asupan gizi ataupun dari kebiasaan sehari-sehari:

Tips Meningkatkan Daya Ingat

  1. Membuat catatan/schedule, baik nya kita selalu membuat catatan kecil dimalam harinya yang berisikan mengenai kegiatn yang akan kita lakukan esok hari sehing tidak ada satupun rencana kita yang terlewati karena lupa. Membuat catatan ini tidak hanya dianjurkan untuk rencana kegiatan sehari-hari saja tetapi juga dapat digunakan untuk sesuatu yang baru kita pelajari misalnya resep makanan agar tidak lupa kita harus mencatt resep tersebut.
  2. Melatih otak, pelatihan otak dapat dilakukan dengan cara memainkan permainan yang mengsah otak misalnya teka-teki silang, catur, scarable dll. Apabila otak kita selalu dilatih maka daya ingat kita akan semakin meningkat.
  3. Olahraga, salah satu penyebab dari turunnya daya ingat seseorang adalah karena berkurangnya pasokan oksigen keotak. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan pasokan oksigen keotak adalah dengan berolahraga, tidak perlu melakukan olahraga yang berat dan dalam waktu lama. Salah satu contoh olahraga yang dapat dilakukan adalah berenang selama 20 menit, pasokan oksigen yang yang didapat dari berenang dapat meningkatkan daya ingat kita.
  4. Perbanyak makan ikan, jika dulu ketika kita masih kecil orang tua kita terbiasa memberikan ikan sebagai menu makanan kita, hal ini bukan tidak beralasan akan tetapi ikan mengandung banyak omega 3 yang berperan dalam perkembangan otak. Oleh karena itu dengan mengonsumsi ikan pada saat dewasa juga dapat menambah daya ingat dan juga konsentrasi.
  5. Kacang-kacangan, mengandung banyak vitamin salah satunya vitamin E, vitamin inilah yang berperan dalam merangsang otak untuk meningkatkan daya ingat.
  6. Coklat, seperti yang kita tau bahwa coklat mengandung antioksidan flavonoid serta juga mengandung protein yang kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin dan tyrosin. Berdasarkan hasil penelitian coklat dapat mengusir stress dan meningkatkan mood sehingga dapat juga meningkatkan daya ingat pada otak.
  7. Perbanyak lah mengonsumsi apel, pisang serta sayuran hijau, makanan-makanan ini berperan dalam mengikat radikal-radikal bebas yang terdapat dalam darah kita hal ini dikarenakan makanan tersebut mengandung antioksidan dan diketahui bahwa radikal bebas dapat menurunkan fungsi otak kita.

Itulah tips yang bisa anda lakukan untuk menambah dan meningkatkan daya ingat anda, semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya