Tanaman Bunga Hias Pot untuk Mengusir Nyamuk secara Alami

Ternyata ada beberapa tanaman bunga hias yang dapat menjadi pengusir nyamuk secara alami selain sebagai tanaman penghias ruangan. Berikut ada beberapa tanaman yang indah yang bisa anda manfaatkan untuk mengusir nyamuk secara alami.

Sudah kita ketahui bunga adalah jenis tanaman yang memiliki bentuk dan warna yang indah dan cocok jika di letakkan di dalam ruangan.  Terlebih lagi jika bunga tersebut bermanfaat ganda yakni sebagai mempercantik/membuat suasana asri namun memberikan efek alami lainnya di ruangan tersebut.

Saat ini Nyamuk adalah hewan yang menakutkan karena dapat menyebebabkan penyakit yang berbahaya seperti DBD.  Nyamuk menyukai ruangan yang lembab dan kotor, oleh karena itu diusahakan ruangan anda bersih dan memiliki pentilasi udara yang baik.  Selain itu gunakan lah tanaman bunga untuk mengusir nyamuk dari pada anda menggunakan bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan anda sendiri.

Mungkin permasalahannya yaitu tanaman bunga biasanya terdapat di halaman rumah.  Namun anda dapat menggunakan beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk yang dapat ditanam di pot dan diletakkan di dalam ruangan.  Berikut beberapa tanaman bunga hias yang dapat mengusir nyamuk.

Tanaman Bunga Hias Pengusir Nyamuk

1. ZODIA (Evodia Sauveolens)

Bunga Zodia (Pic: id.wikipedia.org)

Bunga Zodia (Pic: id.wikipedia.org)

Tanaman ini asli Indonesia yang mudah ditemukan di Papua.  Khasiatnya sebagai pengusir nyamuk sudah dirasakan oleh masyarakat Papua sebelum mereka masuk ke hutan.  Dengan aroma yang menyengat dan tidak disukai oleh serangga tanaman ini mulai dibudidayakan di berbagai tempat.  Saat ini tanaman Zodia sudah diperjual belikan, harga per potnya sampai 15 – 45 ribu tergantung ukuran tanaan dan besarnya pot.

 

2. Geranium (Pelargonium dissectum)

Bunga Geranium (Pic: en.wikipedia.org)

Bunga Geranium (Pic: en.wikipedia.org)

Pada masyarakat umumnya sering menyebutnya sebagai bunga Tapak Dara.  Tanaman in sangat fleksibel yaitu dapat ditanam di halaman dan pot.  Geranium memiliki aroma yang khas yang dikeluarkan oleh daunnya ketika bergesekkan.  Bunga ini memiliki banyak spesies dan setiap spesies memiliki warna dan bentuk bunga yang berbeda.  Biasanya bunga ini dijual sekitar Rp. 25.000 / pot.

 

3. Rosemary (Rosmarinus officinalis)

Bunga pengusir nyamuk

Bunga Rosemary (Pic: id.wikipedia.org)

Bunga ini memiliki aroma seperti minyak telon yang tidak disukai oleh nyamuk.  Selain sebagai pengusir nyamuk bunga ini sebagai obat reumatik dan flu. Tanaman bunga ini baik pertumbuhannya pada tempat yang terkena sinar matahari.  Namun dapat di pot asalkan diletakkan denkat dengan jendela yang masih dapat mendapatkan sinar matahari.  Banyak orang berpendapat bunga ini manjur untuk mengusir nyamuk.

 

4. Akar Wangi (Vetiveria zizanioides)

Tanaman Bunga Penghias Pengusir Nyamuk

Tanaman Serai (Pic: hermaniagranger.blogspot.com)

Banyak referensi yang mengatakan bahwa akar wangi dapat mengusir nyamuk Aedes aegypti yaitu penyebab penyakit DBD.  Tanaman ini berasal dari India yang memiliki aroma khas.  Walupun tanaman ini tidak terdapat bunga  dan bentuknya seperti rumputnamun bisa di tanam di pot.  Tentunya pot yang dipakai yaitu pot yang besar.

 

5. Bunga Lavender (Lavandula sp)

Tanaman bunga pot pengusir nyamuk

Bunga Lavender (Pic: id.wikipedia.org)

Tanaman yang identik dengan bunga warna ungunya sudah dipercaya khasiatnya dari jaman dahulu untuk mengusir nyamuk.  Memang tanaman ini berasal dari luar Indonesia namun sekarang sudah tersedia benih bunga ini yang bisa anda tanam di pekarangan rumah atau pot.  Harganya 5-7 ribu / kantong.

Sebenarnya masih banyak jenis tanaman hias bunga lainnya yang dapat mengusir nyamuk seperti Serai Wangi, MariGold, dan  Kacombrang. Namun tanaman tersebut susah untuk ddidapatkan dan ditanam di pot.

O ya tips untuk tanaman bunga pengusir nyamuk di pot ini diletakkan dengan jendela sehingga udara yang masuk dari luar ke dalam ruangan tercampur dengan aroma khas bunga tersebut.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya