Merubah dan Mengatur Lebar-Tinggi Kolom ke Cm di Excel

Pasti jika anda mengatur lebar cell (kolom atau tabel) baik lebar atau tingginya di Microsoft Excel melihat berupa satuan pixel atau inchi.  Sebenarnya anda bisa merubahnya ke  Cm dengan mudah.  Tentunya banyak sekali orang ingin tahu caranya karena sayapun mencari-cari caranya juga hehe.

Tujuan merubah menjadi satuan Centimeter yaitu agar lebih memudahkan anda dalam mengatur tabel dan mengepaskannya dengan ukuran kertas yang akan dicetak di excel.  Selain itu cara ini nantinya akan bermanfaat jika kita membuat label undangan di excel.  Sebenarnya di Excel sendiri menyediakan pengaturan dan tools untuk merubahnya.  Berikut cara merubah satuan cm.

Merubah Satuan ke Cm di Excel secara General

Langkah pertama yaitu kita merubah semua satuan yang ada di Microsoft Excel anda ke satuan Centimeter.  Berikut tata cara merubahnya yang saya contohkan pada Microsoft Excel 2007 dan 2010.

1. Pilih menu Office Button>>Excel Options

merubah satuan cm di excel

Menu Option Button Excel

2. Selanjutnya akan muncul Box Excel Options, silahkan pilih menu Advanced>>Display, pada Ruler Units ganti satuannya menjadi Centimeters lalu OK.

Merubah Satuan Cm di Excel

Merubah Satuan ke CM

Merupah Tampilan Ruler Cell ke Cm

Cara ini bertujuan agar tampilan sheet di dokumen Excel anda berubah seperti di Microsoft Word yang terlihat grid rulers dengan satuan Cm.  Caranya yaitu silahkan anda pilih menu View >> Workbook views >> Page Layout.

page view satuan cm excel

Tampilan Page Layout

Nah setelah itu tampilan dokumen excel anda seperti word yang terlihat grid ruler dengan satuan Centimeter.

 

Merubah dan Mengatur Tinggi Lebar Kolom

Sekarang waktunya merubah  dan mengatur lebar tinggi kolom/tabel dengan satuan Cm, caranya yaitu kembali ke menu Home >> Cells >> Format >> Column Width

Merubah tinggi lebar kolom excel

Merubah Ukuran Kolom Excel

Setelah itu tentukan ukuran lebar tabel atau kolom anda.

ubah lebar kolom excelNah begitulah cara untuk mengatur dan merubah lebar tinggi kolom dalam satuan Centimeter.  Cara ini sangat bermanfaat sekali saat anda membuat label undangan di excel.  Untuk pembahasan cara membuat label undangan tersebut saya bahas di tulisan lainnya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya