Makanan dan Minuman Favorit yang Bahaya untuk Kesehatan

Makan dan minum adalah kebutuhan pokok bagi makhluk hidup, semua mahkluk hidup baik hewan, manusia dan tumbuhan memerlukan makanan dan minuman untuk menopang kehidupannya. Makanan umumnya berfungsi sebagai penyedia energi bagi tubuh, selain sebagai energi makanan juga mengandung zat lain yang dapat berfungsi dalam menjaga kondisi sel-sel dalam tubuh, misanya protein yang berfungsi dalam membantu pembentukan sel-sel tubuh yang telah rusak dan juga vitamin yang terkandung dalam makanan membantu kita dalam menjaga imunitas tubuh.

Selain makanan ada juga minuman yang berfungsi sebagai penyedia cairan dalam tubuh kita, seperti yang kita tau lebih dari 50% dari tubuh kita adalah cairan.  Dewasa ini ada berbagai macam jenis makanan dan minuman yang menjadi favorit konsumsi masyarakat, akan tetapi ternyata ada fakta yang mengejutkan bahwa sebenarnya makanan dan minuman favorit tersebut berbahaya. Berikut ini kita akan bahas mengenai makanan dan minuman favorit tapi berbahaya, beserta bahayanya, let’s see:

Makanan yang Bahaya untuk Kesehatan

1. Mie Instan

Makanan berbahaya untuk kesehatan

Picture from flexmedia.co.id

Mie instan adalah makanan berbentuk mie yang sudah diawetkan, dalam pengawetan mie ini tentu saja menggunakan bahan pengawet yang berdampak tidak baik bagi tubuh terutama jika dikonsumsi terlalu sering. Tidak hanya, mie nya saja yang mengandung pengawet tetapi juga bumbu dari mie tersebut sudah tentu pula mengandung pengawet bahkan juga terdapat MSG pada bumbu. Salah satu efek negatif dari mi instan adalah merusak jaringan otak. Mengonsumsi mie instan dalam jangka panjang sama saja menumpuk zat-zat pengawet dalam tubuh kita, yang pada dasarnya zat pengawet tersebut terbuat dari bahan kimia berbahaya. Zat-zat kimia ini dapat merusak jaringan otak dan melumpuhkan sistem syarf kita. Selain berdampak pada otak MSG pada bumbu dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

2. Gorengan

makanan berbahaya yg dikonsumsi

Picture from sehataja.com

Gorengan merupakan makanan yang menjadi pavorit diseluruh dunia, jika di Indonesia gorenagn dijadikan sebagai camilan, maka diluar negri gorengan umumnya dilakukan sebagai appatizer. Banyak sejali jenis gorengan yang ada misalnya bakwan, risol, martabak telur dll, tapi taukah anda bahwa sebenrnya makanan ini juga berbahaya bagi tubuh. Pertama jika kita lihat dari kebiasaan pedagang gorengan yang menggunakan minyak yang sama dalam menggoreng secara berulang-ulang bahkan sampai minyak tersebut berwarna kehitaman. Perubahanwarna minya ini menunjukkan bahwa ada nya zat kimia yang teroksidasi, sehingga sudah tidak layak digunakan. Apabila minyak yang seperti ini terus diganakan maka dapat menjadi zat karsiogenik yang akhirnya dapat menimbulkan kanker. Selain itu karena tingginya kandungan minyak yang terdapat dalam gorengan dapt pula menjadi penyebab kolesterol dalam tubuh.

3. Chicken nuggets atau sosis

Picture from tribunilmu.blogspot.com

Picture from tribunilmu.blogspot.com

Sama halnya dengan mi instan nugget dan sosis juga mengandung pengawet serta MSG yang berbahaya jika dikonsumsi terus menerus.

4.    Minuman Bersoda

Picture from orinsis.com

Picture from orinsis.com

Jika kita sedang merasa haus, minuman bersoda yang dingin tidak lain menjadi pilihan yang kita ambil dalam pilihan minuman pavorit. Akan tetapi minuman ini dapat menjadi ancaman bagi kesehatan kita, salah satu efek negatif dari soda ini adalah memicu kegemukan pada seseorang kemudian juga menyebabkan penyakit diabetes melitus. Hal ini dikarenakan pada minuman soda mengandung rasa manis yang dikarenakan oleh pemanis buatan. Pemanis buatan ini dapat juga berperan karsiogenik yang memicu kanker. Selain itu berdasarkan artikel womwn all talks minuman bersoda juga dapat berperan dalam menurunkan imunitas tubuh.

5.    Es Teh

Minuman berbahaya untuk kesehatan

Picture from kaskus.co.id

Di Indonesia, es teh menjadi minuman yang amat favorit untuk semua kalangan masyarakat baik anak-anak,dewasa, ataupun orang tua. Akan tetapi ternyata es teh ini dapat memicu terjadinya penyakit batu ginjal. Hal ini dikarenakan kandungan oksalat yang tinggi pada teh, sehingga memicu batu ginjal.

Demikianlah artikel singkat mengenai makanan dan minuman yang umum ada disekitar kita namun berbahaya untuk kesehatan. Makanan dan minuman tersebut boleh dikonsumsi akan tetapi dengan dosis yang wajar dan tidak untuk waktu yang lama, sehingga tidak terlalu berdampak negatif pada tubuh kita, be healthy guys.

Kolom Komentar dan Bertanya