Hewan yang Setia dengan Pasangannya

Kesetiaan merupakan suatu sikap yang terkait umumnya dengan masalah percintaan seseorang. Kesetiaan menjadi sesuatu hal yang mutlak harus dimiliki oleh sepasang manusia yang memiliki cinta. Cinta sendiri adalah suatu perasaan dimana rela berkorban, simpati, perhatian serta dapat melakukan apapun demi yang dicintai, objek dari cinta dapat berupa mahluk hidup ataupun benda. Dalam rasa cinta ini lah akan timbul suatu sikap yang disebut dengan kesetiaan.

Rasa setia adalah dimana seseorang tidak akan mengecewakan pasangannya tanpa alasan apapun. Berbagai bentuk kesetiaan yang ditunjukkan oleh manusia misalnya selalu menjaga kepercayaan dari pasangannya dengan bersikap jujur. Akan tetapi zaman sekarang ini sudah banyak manusia yang tidak setia kepada pasangannya, sebagai contoh semakin marak saja kasus-kasu perceraian yang hampir setiap hari dilihat di televisi.

Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang kesetiaan manusia pada pasangannya, akan tetapi akan membahas mengenai hewan-hewan yang memiliki kesetiaan tinggi.

Mungkin, sebagian orang heran jika mendengar ada hewan yang setia pada pasangannya karena sebagian hewan adalah mahluk yang memiliki banyak pasangan. Adapun beberapa hewan yang setia pada pasangannya adalah sebagai berikut:

1. Serigala

Serigala termasuk kedalam golongan hewan karnivora yang cukup ditakuti, karena sifat dari serigala sebagai pemangsa ganas. Meskipun seperti itu, serigala juga salah satu hewan yang setia pada pasangannya. Hal ini ditunjukkan dengan serigala betina yang tidak akan pernah menemukan pasangangan lagi jika pasangnya mati.

2. Burung merpati

Jika kita melihat papan rangkaian bunga pada suatu acara pernikahan kita pasti akan menemukan gambar burung merpati disana. Merpati adalah burung yang sudah lama dijadikan lambang kesetiaan. Apabila telah memasuki musim kawin, burung merpati jantan hanya akan mengawini satu betina saja. Setelah musim kawin pun burung merpati akan tetap setia pada pasangnya yaitu sampai betina bertelur dan menetaskan telurnya, sampai akhirnya salah satu dari merpati tersebut mati.

3. Angsa

Selain merpati angsa juga adalah unggas yang menjadi lambang kesetiaan dari zaman dahulu. Jika kita melihat pasangan angsa yang sedang mendekatkan wajahnya maka akan terlihat seperti gambar yang menjadi lambang cinta. Diluar dari cerita tersebut akan tetapi sebenarnya angsa sendiri adalah hewan yang bersifat monogami, sehingga akan setia kepada pasangannya.

4. Buaya

Kita sering menyebut seseorang yang memiliki lebih dari satu pasangan sebagai buaya darat. Tetapi pada nyatanya buaya adalah hewan yang setia pada pasangannya, dengan buaya jantan hanya mengawini satu buaya betina. Berdasakan penelitian yang dilakukan oleh Stacey Lance selama 10 tahun didapatkan bahwa 70% buaya betina akan terus kawin dengan buaya jantan yang sama saat musim kawin tiba. Hal ini menjadikan buaya sebagai ikon pada budaya masyarakat betawi, jika ada seorang pria yang akan menikah diharuskan membawa roti buaya, dengan filosofinya adalah bahwa pengantin pria akan selalu setia kepada istrinya.

5. Pinguin

Setelah tadi kita membahas kesetiaan pada golongan unggas jenis angsa dan merpati, sekarang kita akan membahas mengenai pinguin. Pinguin juga merupakan hewan yang setia, pada saat musim kawin tiba pinguin akan mengawini satu betina saja. Setelah masa kawin berakhir dan pinguin betina bertelur, pinguin jantan akan menjaga telur mereka sampai menetas sedangkan pinguin betina akan mencari makanan.

6. Gajah

Gajah adalah hewan mamalia yang terbesar didunia, selain ukurannya yang besar gajah juga dikenal sebagai hewan yang cerdas, perasa, dan yang paling penting adalah kesetiaan. Gajah hidup dihutan secara berkelompok, dan umumnya gajah juga menemukan pasangannya dari kelompok tersebut. Gajah akan rela berkorban nyawa demi pasangannya dan apabila pasangannya mati maka gajah tersebut tidak akan kawin lagi, bahkan setelah pasangannya menjadi tulangpun gajah tersebut akan kembali ketempat pasangannya.

7. Tikus padang rumput

Berbeda dengan tikus lain yang bersifat poliandri (memiliki pasangan lebih dari satu) tikus padang bersifat monogami. Pejantan tikus ini akan setia dengan betina yang dikawininya, selain tu pejantan tidak segan untuk meyerang betina lain apabila ada betina lain yang mendekatinya.

8. Lebah

Lebah adalah hewan yang hidupnya ternaungi dalam suatu kerajaan yang dimpin ole seekor ratu. Ratu dari lebah ini hanya akan kawin dengan lebah yang bertugas mengawininya saja.

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat dibandingkan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Apakah manusia lebih parah dibandingkan hewan, hewan saja bisa setia dengan pasangannya bagaimana dengan manusia yang belakangan ini cenderung memiliki banyak pasangan. Memang kita pernah mendengar bahwa manusia diizinkan untuk memiliki lebih dari satu pasangan, akan tetapi dengan catatan manusia tersebut harus dapat bersikap adil. Nah, sikap adil ini laha yang sangat sulit dimiliki oleh manusia, adil tidak hanya dlam hal materi tetapi juga dalam hal waktu, tenaga dll.

Kolom Komentar dan Bertanya