Contoh Penggunaan Rumus SUMIF di EXCEL

Microsoft Excel adalah suatu program untuk mengolah angka secara cepat namun bisa juga untuk membaca data berupa Text/huruf. Rumus SUMIF adalah salah satu rumus penjumlahan yang digunakan untuk menghitung jumlah angka berdasarkan kriteria text/huruf. Pada kesempatan ini saya akan mencoba memberikan contohnya.

Rumus SUMIF adalah gabungan rumus penjumlahan dengan rumus logika. Mungkin langsung saja saya akan berikan contoh penggunaan rumus SUMIF di EXCEL.  Contoh soalnya begini. Misal anda memiliki rekapan daftar produk elektronik yang masuk ke gudang pada bulan ini. Nah anda ingin mengetahui berapa jumlah barang yang masuk untuk tiap per jenis barang elektroniknya, misalnya datanya seperti ini:

contoh rumus SUMIF

Nah mari kita kerjakan. Pertama kita cari dahulu jumlah Laptop yang masuk ke gudang caranya letakkan kursor anda di kolom JUMLAH. Lalu ketikkan rumus berikut.

contoh rumus SUMIF_2

=SUMIF(B2:C7;”Laptop”;C2:C7)

Keterangan:

B2:C7 (RANGE) = adalah Cell data barang dan jumlahnya yang nantinya akan dibaca oleh Program EXCEL

“Laptop”(CRITERIA) = kriteria penjumlahan, artinya jenis Barang LAPTOP yang hanya kita jumlahkan

C2:C7 (SUM_RANGE) = Range Angka yang akan di jumlahkan.

Berikut hasil akhirnya, untuk mengetahui jumlah barang TV dan BLACKBERRY rumusnya sama namun yang membedakannya hanya terletak pada Kriterianya.

Contoh Penggunaan rumus SUMIF

Sangat mudah sekali kan menggunakan rumus EXCEL SUMIF, jika anda paham dasarnya anda dapat menggabungkan rumus ini dengan rumus logika lain sehingga menjadi program excel yang hebat, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. aruna 25/07/2014 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya