Bagaimana Cara Menjadi Guru yang Baik?

Guru adalah orang yang mengajari kita di sekolah, menjadi seorang guru tidak hanya bertugas mengajar di kelas saja tetapi harus bisa menjadi seorang pembimbing tempat siswanya berkonsultasi di luar kelas. Jika zaman dahulu kita sering mendengar lagu iwan fals yang berjudul Oemar Bakri yang menceritakan bagaimana kehidupan menjadi seorang guru, dimana dikisahkan menjadi seorang guru sama saja seperti bekerja sosial, tetapi tampaknya hal tersebut tidak lagi berlaku untuk semua guru karena faktanya guru yang bekerja di kota-kota besar sudah bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dan disertai beberapa tunjangan.

Cara Menjadi guru yang baik

Picture from studymagazine.com

Meskipun seperti itu tidak sedikit loh nasib guru yang masih seperti Oemar Bakri tetapi mereka masih semangat untuk mengajar, maka layaklah jika mereka disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang terus berjuang demi kemajuan bangsa. Wah kalau ngebahas tentang kebaikan seorang guru gak akan ada habisnya ya, tapi kali ini saya mau kasih resepnya gimana sih kalau kita mau menjadi seorang guru yang baik:

Cara Menjadi Guru yang Baik

1. Menguasai Materi

Seorang guru yang baik harus menguasai terlebih dahulu materi yang akan disampaikannya kepada murid-murid. Jika seorang guru tidak menguasai materi bagaimana dia akan menyampaikanna, seorang guru minimal harus mempelajari materi yang akan disampaikannya 3 hari sebelum hari mengajar.

2. Membuat suasana kelas kodusif

Membuat suasana kelas kondusif bukan dengan cara memarahi siswa agar mereka memperhatikan kita, tetapi dengan cara membuat suasana kelas tersebut santai tapi serius. Kita jangan hanya menjadi seorang guru yang kerjanya hanya menjelaskan saja seorang diri, tapi kita harus komunikatif dengan siswa dengan cara tanyakan kepada mereka apakah mereka sudah mengerti dengan materi yang kita ajarkan.

3. Jadilah guru yang bisa dicontoh

Seorang guru harus bisa menjadi contoh bagi siswanya, misalnya jika seorang guru agama memerintahkan siswanya untuk shalat zuhur berjamaah maka guru tersebut pun harus ikut menjadi jamaah dalam shalat.

4. Kreatif

Kreatif bagi seorang guru sangat penting, dengan guru yang kreatif maka suasana kelas pun akan menjadi meriah. Misalnya, kita membuat seperti kompetisi dikelas dengan membuat game secara berkelompok untuk mengulang lagi materi yang kita sampaikan Insya ALLAH hal tersebut akan membantu siswa untuk mudah mengingat.

5. Berjiwa besar

Sebagai seorang guru tentu kita pernah lupa mengenai suatu hal meskipun kita telah mempersiapkan diri sebelum mengajar misalnya rumus, apabila ada siswa yang menegur kita akan hal tersebut kita harus bisa menerima agar tejadi komunikasi 2 arah dikelas.

6. Sabar

Adakalanya kita sedang tidak mood, tetapi jika kita menjadi seorang guru hal tersebut tidak boleh ditunjukkan. Kita harus menjadi sabar dalam menghadapi siswa, jangan terbawa menjadi emosi yang pada akhirnya akan bersifat fatal.

7. Harus mengerti sifat siswa

Mengerti sifat dari peserta didik akan mempermudah kita dalam mengajar, ada siswa yang akan lebih mudah menangkap pelajaran jika kita mejelaskan secara lembut tetapi ada juga yang sebaliknya ini lah gunanya kita mengerti sifat dari siswa.

8. Jadilah guru yang menjadi orang tua siswa disekolah

Guru istilah lainnya adalah orang tua siswa disekolah, sebagai orang tua maka guru tidak hanya bertanggung jawab ketika masuk kelas saja tetapi jadilah juga seorang guru yang dapat menampung semua keluhan siswa, serta juga dapat dimintai solusi oleh siswa terhadap permasalahannya.

Nah itulah cara menjadi guru yang baik bagi murid-muridnya. Semoga anda menjadi guru yang difavoritkan muridnya sehingga dapat memperbaiki kualitas pendidikan di negeri ini. Baca terus kusnendar.web.id untuk menemukan apa yang anda cari.

Kolom Komentar dan Bertanya