Bagaimana Cara Belajar Agar Bersikap Dewasa

Bagaiamana cara bersikap dewasa adalah pertanyaan yang diajukan oleh semua orang di dalam diri kita namun susah untuk dijawab. Dewasa adalah sikap seseorang dalam menghadapi segala sesuatunya dengan bijak. Biasanya kedewasaan itu akanmuncul pada perilaku kita dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dewasa tidak ditentukan oleh tuanya umur kita toh di luar sana banyak orang tua masih bersikap seperti anak-anak. Memang biasanya kedewasaan itu berbanding lurus dengan umur namun semua itu tidak menjadi jaminan. kedewasaan itu terbentuk dengan sendirinya di dalam diri seseorang. Kedewasaan tersebut terbentuk dari segala problema dan kebiasaan yang dialami orang bersangkutan.
Sebagai contoh begini, anak-anak yang sering mengalami masalah dikehidupannya seperti keterbatasan ekonomi akan membuat dirinya dewasa. Pastinya anak tersebut akan berusaha keras untuk mencapai kehidupan ekonomi yang berkecukupan untuk dia dan keluarganya. Berbeda dengan anak yang besar di keluarga yang berkecukupan yang selalu terpenuhi kebutuhannya.

Ternyata “Dewasa” berkaitan erat dengan mental seseorang dalam menjalani hidup yang keras ini. Semakin keras kehidupan yang dialami membuat orang tersebut lebih berkembang pemikirannya dalam menyelesaikan masalah dan membuatnya lebih bijaksana.

Namun takdir setiap orang berbeda-beda, ada yangdilahirkan dengan kondisi yang baik dan ada yang tidak. Jika anda orang yang beruntung di dunia ini dan tidak mengalami problema seperti saudara kita yang tidak beruntuk di kuar sana maka tidak salahnya kita belajar menjadi orang yang dewasa. Jika anda ingin memiliki sikap yang dewasa ada beberapa yang bisa anda lakukan, yaitu:

Tips Menjadi Orang yang Dewasa

1. Berfikir Rasional

Setiap orang pasti memiliki masalah dan setiap masalah ada jalan keluarnya. Nah tinggal anda sendiri tentukan jalan mana yang menurut anda baik dan dapat menyelesaikan masalah tersebut. Berfikirlah rasional dalam menentukkan jalan keluar, lakukan analisis positif dan negatif keputusan yang anda ambil.

2. Jangan memakai emosi

Jelas sekali emosi adalah bukan sebuah sikap yang dewasa. Hadapilah segala sesuatunya dengan berfikir yang positif dan jernih serta selalu tenang.

3. Berfikir jangka panjang

Di dunia ini pasti ada perbuatan yang sia-sia dan bermanfaat, selagi anda masih muda lakukanlah perbuatan yang bermanfaat untuk diri anda sendiri dan orang lain.

4. Jadi diri sendiri

Anda boleh mengidolakan seseorang namun anda tidak akan bisa 100 persen menjadi mirip seperti idola anda. Jadilah diri anda sendiri walaupun anda anggap diri anda jauh dari sempurna karena setiap manusia tidak ada yang sempurna. Balut diri anda dengan kebiasaan atau aktifitas positif idola anda untuk menjadikan diri anda lebih berkarakter.

5. Bergaul dengan orang dewasa

Yang terakhir ini pasti manjur hehe, karena jika anda bergaul dengan lingkungan orang dewasa maka akan merubah pola berfikir anda. Bahasan atau obrolan orang dewasa selalu bermutu yang bisa anda tiru.

Nah itulah hal yang bisa anda lakukan untuk belajar menjadi orang dewasa. Namun ingat dewasalah pada waktu dan tempat yang tepat, semoga bermanfaat.

One Response

  1. ririn apriliani 10/01/2014 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya