Cara Menghapus Data Ganda di Excel

Ketika anda menemukan data yang sama (ganda) di dokumen Excel maka anda bisa menghapus data tersebut dengan cepat.  Hal tersebut pastinya akan mengganggu anda dan berpeluang besar terciptanya kesalahan dalam pekerjaan anda.

Jika anda mengolah data ratusan dan terdapat duplikasi data saat entri data maka hasilnya akan banyak terjadi masalah.  Jika anda ingin mengetahui dimana terdapat adanya data ganda silahkan anda baca tutorialnya di tulisan yang telah saya buat yang berjudul menemukan data yang sama di excel.

Setelah anda ketahui dimana terdapat data yang sama langkah selanjutnya yaitu menghapusnya.  Caranya sangatlah mudah, anda hanya perlu memanfaatkan tools yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel.  Berikut tata caranya:

Menghapus Data yg Sama (ganda) di Excel

1. Misalnya kita memilii data seperti ini, tentunya kita tahu donk terjadi duplikasi data yaitu pada daftar nama.

2. Nah untuk menghapus data yang sama tersebut bisa kita lakukan dengan cara memilih atau menyortir data yang kita akan periksa.  Dalam contah ini maka cell yang kita pilih yaitu B2:B7 lalu pilih menu Data >> Remove Duplicates.  Lalu OK.

menghapus data sama excelMaka data yang sama tadi akan terhapus.

menghapus data ganda excelMudah sekali kan..tentunya cara ini sangat efektif jika data anda ratusan atau bahkan ribuan.  Hanya menerapkan beberapa langkah saja anda langsung bisa menghapus  data yang sama di data excel anda tanpa harus mencari data yang sama terlebih dahulu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

One Response

  1. Rian Nurherdian 05/03/2014 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya