Belajar Menggunakan Conditional Formatting di Excel

Kali ini saya akan berbagi ilmu yang baru saya dapatkan mengenai Microsoft Excel tentang penggunaan Tools Conditional Formatting.  Mungkin kebanyakan orang belum tahu semua kegunaan tools yang disediakan di M.Excel secara keseluruhan.  Untuk itu saya akan coba sharing yang saya tahu untuk anda semuanya.

Conditional Formatting di Excel sebenarnya tools untuk memudahkan anda dalam menandai nilai atau text tertentu dengan warna dan icon.  Contoh kasusnya gini, misalnya jika kita mengetikkan kata “MERAH” maka kolom sel yang terdapat kata tersebut akan berubah menjadi warna Merah.  Untuk membuat seperti itu sangat mudah sekali, baiklah mari kita langsung mempraktikkannya.

Menggunakan Conditional Formatting

1. Buat File baru di M. Excel 2007 atau 2010.

2. Arahkan kursor anda ke kolm sel “B2”.  Setelah itu silahkan pilih menu Home>>Styles>>Conditional Formatting>>New Rules.

tutorial conditional formatting excel3. Setelah itu akan muncul menu kotak New Formatting Rule.

tutorial conditional formatting excel_2

Langkah pertama silahkan anda pilih Value Typenya: Format only cells that contain.   Lalu pada Format only cells “Between” diubah menjadi “Equal to” Setelah itu di sampingnya ketikkan =”MERAH”. Kemudian pilih Format>>Fill untuk memilih warnanya.  Lalu OK.

Jadi deh, sekarang kita coba buktikkan, ketikkan kata “MERAH” di kolom cell B2.  Maka hasilnya seperti ini.

tutorial conditional formatting excel_3Nah sekarang silahkan anda uci coba sendiri dengan menambahkan kata BIRU, HIJAU dll dan berikan warna yang sesuai dengan kata tersebut.  Penggunaan Conditional Formatting ini sangat bermanfaat sekali jika anda memiliki data berupa angka lalu anda dapat memberikan warna pada interval angka tertentu.  Jika anda belum jelas silahkan bertanya dengan meninggalkan komentar pada kolom yang sudah saya sediakan di artikel ini, selamat mencoba.

4 Comments

  1. Hendro 03/01/2014 Reply
  2. Ranap Sianturi 18/05/2015 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya