Bacaan Doa Niat Puasa Syawal Lengkap dengan Artinya

Setelah satu bulan penuh kita menjalankan Puasa Ramadhan, kemudian kita melakukan bayar zakat fitrah lalu di pagi harinya kita melaksanakan sholat Idul Fitri merupakan rangkaian ibadah pembersihan diri kita.  Namun semua itu belum lengkap ketika saat di bulan syawal kita tidak melaksanakan ibadah puasa sunnah selama 6 hari.

Jika kita melaksanakan ibadah puasa sunnah Syawal selama 6 hari maka kita mendapatkan pahala seperti puasa 1 tahun.

Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa satu tahun penuh (H.R. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Puasa sebulan Ramadan pahalanya 10x lipat. Puasa enam hari bulan Syawal sama dengan dua bulan. Maka jumlahnya sama dengan setahun penuh (H.R. Ibnu Khuzaimah).

Puasa sunah ini dapat kita lakukan pada tanggal 2 Syawal dan haram dilakukan pada tanggal 1 Syawal karena merupkan hari tasrik (haram berpuasa).  Dalam melaksanakan puasa syawal tidak diharuskan setiap 6 hari berturut-turut yang penting dilakukan di bulan Syawal.

Bacaan Doa Niat Puasa Syawal

Dalam mengerjakan sesuatu perbuatan yang baik maka kita harus didahului dengan niat.  Niat boleh dilafazkan secara lisan atau boleh di dalam hati.  Terkait dengan niat puasa syawal ada perbedaan pendapat mengenai niat ini.  Ada yang berpendapat untuk mengerjakan ibadah puasa pada malam harinya kita tidak wajib berniat di malam harinya.  Pendapat ini berdasarkan hadis Aisyah radhiallahu ‘anha; beliau mengatakan:

“Rasulullah menemuiku pada suatu pagi, kemudian beliau bertanya, ‘Apakah kalian memiliki suatu makanan?’ Aisyah mengatakan, ‘Tidak.’ Beliau bersabda, ‘Jika demikian, aku puasa.’ Di kesempatan hari yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi kami (Aisyah). Kami mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, kami diberi hadiah hais (adonan).’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta, ‘Tunjukkan kepadaku, karena tadi pagi aku berniat puasa.’” (H.r. Muslim, no. 1154)

Namun jika anda merasa lebih mantap meniatkan puasa Syawal boleh-boleh saja, berikut bacaan Niat Puasa Syawal:

 

niat puasa Syawal

Nawaitu Somaghodin A’nsitatimmingsyawa lin sunatalillahita’ala

Nah itulah bacaan niat puasa syawal, selamat menjalankan ibadah puasa syawal semoga amal ibadah kita diterima, amiin. Sumber referensi konsultasisyariah.com & dakwahmutiarahikmah.blogspot.com.  Semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. yrauf 04/08/2014 Reply
  2. amicalcum 29/01/2015 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya