Keuntungan Menggunaan Pupuk Organik “Kascing”

Apabila kita mendengar istilah kata “Kascing” maka pikiran kita tertuju dengan hewan avertebrata yang berada di tanah yaitu cacing. Seperti kita ketahui cacing berperan penting dalam dunia pertanian yaitu dapat menyuburkan tanah. Lahan yang banyak terdapat cacing menandakan bahwa lahan tersebut subur.

Manfaat cacing sendiri di dalam tanah yaitu menurunkan pH tanah yaitu menmakan tanah dengan pH rendah kemudian mengeluarkannya dengan pH kisaran normal. Selain itu cacing sendiri dapat menggemburkan tanah. Karena begitu banyak manfaatnya di dunia pertanian kini kotoran cacing dimanfaatkan oleh manusia sebagai pupuk organik dan media tanam.

 Kemasan Kascing

Di daerah Bandung sendiri sudah banyak toko tanaman menjual kotoran cacing yang sering disebut dengan “Kascing”. Berikut keuntungan dalam menggunakan kascing:

Manfaat Kascing

1. Dapat meningkatkan pertumbuhan baik vegetatif, generatif untuk tanaman hias, sayuran dan buah buahan.
2. Dapat memperbaiki penampilan tanaman menjadi lebih eksotis (warna bunga, tekstur dan postur pohon)
3. Sangat baik untuk campuran media tanam pada persemaian.
4. Mengandung hormon yang mampu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

Kandungan Pupuk Organik Kascing

C 72%, N 2%, P 1%, K 0,5%, Ca 0,3%, Mg 0,3%, Al 0,05 %, dan Zn 0,08%.

Anda tidak perlu bersusah payah untuk mencari kascing di halaman rumah karena anda dapat membelinya di toko tanaman. 1 kantong kascing di daerah Bandung dijual dengan harga Rp. 5.000,-. Jadi anda bisa menanam bunga, sayur dan mendapatkan hasil yang optimal.

Kolom Komentar dan Bertanya