Tips Program Diet yang Benar dan Sehat Agar Tubuh Langsing

Kali ini saya akan mengulas tips program diet yang benar dan sehat untuk mendapatkan tubuh yang langsing.   Siapa yang tidak menginginkan tubuh kita langsing dan enak dilihat oleh orang lain.   Selain mempercantik dan memperindah penampilan tubuh langsing juga bermanfaat dalam kesehatan, sesorang yang memiliki berat badan yang berlebih cenderung lebih mudah terserang berbagai penyakit.  Tentunya untuk diet kita tidak boleh sembarangan melakukan segala cara karena nantinya akan berdampak buruk kepada kesehatan kita.

Program diet sehat

Picture from evolutionsclinic.co.uk

Ada beberapa aturan yang harus dilakukan demi mendapatkan tubuh langsing, pada artikel ini saya akan membagi sedikit tips/cara untuk mendapatkan tubuh yang langsing:

Tips Program Diet yang Benar

  1. Pada awal mula kita memulai program diet umumnya kita menginkan penurunan berat badan secara drastis, maka kita akan menggunakan berbagai cara untuk mengurangi berat badan misalnya dengan benar-benar mengurangi porsi makanan secara drastis meskipun tanpa olahraga. Konsekuensinya berat badan akan turun sekitar 2 kg/ bulan, akan tetapi jika berat badan kita terlalu tinggi misalkan 100 kg hal itu tidak akan membuat kita terlihat terlalu berbeda. Biasanya, dengan cara ini orang-orang akan menghentikan program dietnya pada bulan pertama.
  2. Kita menjadi gemuk dikarenakan tumpukan lemak yang terdapat dibawah permukaan kulit. Melalui program yang dinamakan laxativ dan deuritic tumpukan lemak yang terdapat pada tubuh kita akan dihancurkan dan mengeluarkan lemak-lemak tersebut bersama urin, dengan cara ini maka tubuh kita akan terlihat menjadi lebih langsing. Akan tetapi, cara ini berbahaya bagi mereka yang memiliki tekanan darah rendah karena dapat menyebabkan pusing bahkan tidak sadarkan diri(pingsan).
  3. Ketebalan  lemak ditubuh dapat dikurangi sebanyak 1cm dengan mengontrol makanan terutama karbohidrat dan lemak yang ada dalam makanan. Pembakaran kalori juga merupakan suatu langkah penting dalam berdiet, pembakaran kalori dapat dilakukan dengan berjogging ataupun juga dengan berenang kurang lebih satu jam dalam satu hari.
  4. Selama berdiet pastikan bahwa asupan kalori yang masuk kedalam tubuh  sesuai dengan yang tubuh kita butuhkan. Normalnya seorang pria membutuhkan 2500 kalori dan wanita dewasa sebanyak 2000 kalori/hari untuk aktivitas normal. Kalori yang dibutuhkan tubuh tergantung dengan kegiatan kita misalnya bekerja 4 – 5 jam dalam 1 hari,berjalan dan melakukan aktivitas lainnya jika aktivitas kita kurang dari yang disebutkan tadi mungkin kebutuhan kalori kita dapat dikurangi sebaliknya apabila aktivitas kita melebihi normal maka jumlah kalori pun harus ditambah. Untuk diet pengurangan kalori disarankan 20% dari kalori yang kita butuhkan. Berat badan yang dapat dikurangi dengan cara ini adalah 2 kg pada bulan pertama tetapi pada bulan berikutnya bisa 3-4 kg.
  5. Diet tidak akan berarti tanpa mengganti makanan yang tidak sehat ke makanan yang sehat. Selama berdiet usahakan jangan makan makanan yang terlalu banyak mengandung lemak seperti gorengan, bakso, mie ataupun keripik-keripik tetapi gantilah cemilan tersebut menjadi cemilan yang sehat seperti buah-buahan. Tidak hanya mengganti cemilan jika bisa ganti lah lauk pauk makan anda yang umumnya digoreng menjadi dipanggang atau dikukus (pepes). Dengan tips mengganti makanan dan aktivitas olahraga rutin selama 1 jam/hari maka berat badan anda akan turun sebanyak 4kg/bulan.

Segala bentuk usaha yang kita lakukan dalam berdiet hasilnya tergantung niat dan disiplin diri kita, apabila kita dapat disiplin mudah-mudahan segala usaha kita dapat berhasil.

Kolom Komentar dan Bertanya