Resep Membuat Kue “Rainbow Cup Cake”

Cup cake merupakan sejenis cake yang sekarang sedang populer, berbeda dengan cake biasanya yang ukurannya cenderung besar dengan ukuran diameter minimal 10 cm dan dapat menimbulkan kesulitan ketika membawa cake tersebut ketempat acara yang dituju. Berbeda dengan cup cake diameter cake ini hanya sekitar 5 cm sehingga memudahkan dalam membawanya.

resep rainbow cup cake

Dari segi bahan dasar cake dan cup cake tidak memiliki perbedaan, tetapi dari sisi dekorasinya cup cake memakan waktu lebih singkat dalam menghiasnya karena ukuran yang lebih kecil serta bahan yang digunakanpun lebih sedikit. Mari kita berbagi resep dan cara membuat cup cake untuk 9 cup cake,,

Bahan Rainbow Cup Cake

Cake

1. 6 kuning telur
2. 4 putih telur
3. ½ sdt vanili
4. 170 gr gula halus
5. 1 sdm tbm
6. 150 gr tepung terigu berprotein sedang
7. 25 gr maizena
8. 25 ml air
9. 60 gr mentega (dicairkan)

Topping

1. 400 gr butter cream
2. Pasta dengan warna (biru, merah, kuning dan hijau)
3. Meses warna warni

Cara membuat Rainbow Cup Cake

a. Membuat cake:

  1. Kocok kuning telur, gula, dan vanili kurang lebih 10 menit dengan kecepatan tinggi hingga mengembang. Masukkan TBM, dan kemudian kocok lagi hingga adonan menjadi naik.
  2. Masukkan campuran terigu, sedikit demi sedikit sambil diaduk hati-hati dengan spatula lalu kemudian masukkan air dan mentega cair dauk hingga merata.
  3. Siapkan cetakan cup cake yang telah dialasi kertas cup, kemudian tuangkan adonan yang telah jadi kedalam cetakan dan panggang dengan suhu 1800c hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan, angkat dan dinginkan.

b. Cara membuat topping:

  1. Pisahkan butter cream yang ada menjadi empat tempat yaitu untuk warna merah,hijau, kuning, dan biru jadi masing-masing ada 100gr.
  2. Campurkan masing-masing pasta kedalam wadah yang telah berisi butter cream.

c. Tahap akhir:

  1. Keluarkan cup cake yang telah dingin dari cetakan, tatpi masih bdengan alas kertas,kemudian untuk menghias masukkan cream yang sudah disisapkan kedalam satu papping bag cara memasukkannya tidak sekaligus tetapi sedikit demi sedikit ya.
  2. Hiasi cup cake dengan cream tersebut secara merata pada seluruh bagian permukaan atas dari cup cake sampai menutup menutup permukaan atas tersebut.
  3. Taburi permukaan atas yang tealh tertutupi cream dengan menggunakan meses berwana-warni.

Nah itu dia cara membuat rainbow cup cake, dan jika anda serius dalam hobi membuat kue maka dapat dijadikan sebuah usaha, selamat mencoba #Resep: Nia Marleni#

Kolom Komentar dan Bertanya