Resep Membuat Ketoprak yang Enak

Waktu saya kuliah dulu terkadang tiap malam untuk menghilangkan rasa lapar saya mampir di warung Ketoprak di Samping Museum Lampung.  Ketoprak merupakan makanan yang sudah tersebar diseluruh provinsi di Indonesia, baik untuk kelas kaki lima lengkap dengan penjualnya yang dipinggir-pinggir jalan ataupun di tempat-tempat makan sekelas restoran dan foud court yang tersedia di mall.

Ketoprak ini pada awalnya merupakan makanan yang berasal dari pulau jawa. Racikan dan bumbu dasar yang digunakan dalam pembuatan ketoprak ini sama dengan bumbu dasar pada pecel yaitu kacang tanah, tetapi ada sedikit perbedaan pada bahan campurannya. Jika pada pecel bahan campurannya dalah cenderung sayuran berbeda dengan ketoprak satu-satunya jenis sayuran yang ditemukan adalah taoge. Berikut cara membuat ketoprak lengkap dengan resepnya,

Resep Membuat Ketoprak

Bahan-bahan yang diperlukan:

1. 100 gr taoge
2. 4 buah tahu putih ukuran yang cukup besar
3. 100 gr kacang tanah yang telah digoreng
4. 1 siung bawang putih
5. 2 cabe merah
6. 6 cabe rawit
7. 1 sendok makan(SDM) gulamerah
8. Garam secukupnya
9. Lontong
10. 1 bungkus Bihun yang telah direbus
11. ½ gelas air matang
12. Cuka putih secukupnya dan kecap manis
13. Kerupuk
14. Bawang goreng sebagai pelengkap

Cara membuat ketoprak:

  • Bersihkan taoge yang telah disediakan, kemudian dicelupkan kedalam air mendidih kurang lebih selama 5 menit saja agar taoge tersebut masih beras renyah.
  • Tahu putih dibersihkan dengan cara dicuci kemudian digoreng, setelah digoreng tahu tersebut dipotong berbentuk dadu menjadi 8 potongan.
  • Potong lontong yang ada dan letakkan pada wadah yang telah disediakan dan letrakkan juga bihun rebus diatasnya.
  • Diatas potongan bihun yang ada pada wadah tersebut letakkan taoge rebus dan potongan tahu.
  • Haluskan kacang tanah, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, dan garam dihaluskan secara bersamaan. Tambahkan cuka putih, kecap, dan air kedalam bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi.
  • Siramkan bumbu yang telah siap keatas wadah yang telah berisibihun, potongan lontong, tahu dan taoge. Sebagai pelengkap terakhir tambahkan bawang goreng dan kerupuk.

Hehe sangat mudah sekali kan embuat ketoprak, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah di dapatkan.

Kolom Komentar dan Bertanya