Penyebab dan Mencegah Sering Mengantuk di Siang Hari

Mengantuk merupakan hal yang lumrah namun mengantuk saat yang tidak tepat sangatlah mengganggu seperti saat siang hari.  Di Siang hari adalah waktuny kita bekerja dan tubuh melakukan aktifitas.  Oleh karena itu kita harus mencegah rasa kantuk agar kita dapat melakukan aktifitas.

Ternyata rasa mengantuk di siang hari disebabkan oleh beberapa faktor dan jika kita bisa mengetahui penyebabnya kita dapat menghilangkan rasa kantuk tersebut.

Penyebab Sering Mengantuk di Siang Hari

1.  Sering begadang malam hari

Jika anda sering begadang atau tidur terlalu malam maka kebutuhan istirahat tubuh anda akan berkurang dan siangnya akan merasa lelah dan mengantuk.  Tubuh memerlukan waktu sekitar 6-7 jam untuk diistirahatkan (tidur).  Untuk itu maksimal anda pukul 10-11 malam harus tidur.

2.  Makan berat saat siang hari

Saat pagi hari tubuh sudah lelah digunakan untuk bekerja/melakukan aktivitas sehingga jika anda makan makanan yang berat seperti karbohidrat dan lemak maka tubuh akan bekerja lebih keras untuk memprosesnya sehingga tubuh akan cepat lelah dan mengantuk.  Maka kurangilah porsi makan makanan yang berkarbohidrat dan berlemak, kalau bisa makan makanan yang berprotein, sayur atau bua-buahan yang mudah di cerna.

3. Kekurangan darah

Anemia atau gejala kekurangan darah (hemoglobin) yang merupakan hal penting dalam mengedarkan oksigen keseluruh bagian tubuh.  Jika anda penderita anemia makanlah makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12 dan vitamin pendukung lainnya.

Nah itulah 3 hal yang menyebabkan kita sering mengantuk dan cara mengatasinya.  Jadi kesimpulannya adalah anda harus mengatur pola tidur anda dan makan anda.

Kolom Komentar dan Bertanya