Obat Alami Bagi Si Diabetes Mellitus

Jika mendengar kata “Diabetes Mellitus” begitu sangat menakutkan bagi kita semua.  Hal tersebut dikarenakan penyakit ini sudah banyak menelan korban.  Biasanya penderita penyakit ini yaitu susah penyembuhan luka dan darah tidak mau membeku.  Banyak yang kita lakukan untuk mengobati penyakit ini yaitu dengan mengkonsumsi obat herbal.  Namun sebelum kita bahas obat alami apa saja yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit ini mari kita tau definisi dan ciri penyakit Diabetes Mellitus.

Diabetes Mellitus merupakan suatu penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin Insulin adalah suatu hormon yang diproduksi oleh sel beta dari pulau-pulau langerhans kelenjar pankreas, apabila tubuh tidak dapat memproduksi  hormon insulin dengan normal maka gula darah didalam darah akan naik dan menyebabkan penyakit diabetes melitus.

Adapun penyebab dari penyakit diabetes adalah terdapat kerusakan pada sel pankreas sehingga tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup untuk menstabilkan gula darah karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, stress dan obesitas.

Ada dua tipe dari penyakit diabetes mellitus yaitu penyakit diabetes mellitus tipe 1 yang disebabkan oleh faktor lingkungan (infeksi dari virus atau faktor gizi pada saat masa awal menjadi dewasa) mengahancurkan sel penghasil insulin di pankreas, sedangkan untuk diabetes mellitus tipe II terjadi akibat obesitas data menunjukkan bahwa 80-90% penderita diabetes tipe ini adalah obesitas, akan tetapi ada juga yang disebabkan oleh faktor keturunan.

Ciri Diabetes Mellitus

1. Kadar gula darah yang tinggi

Penderita penyakit ini mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat karena gangguan hormon insulin.

2. Poliuri

Penderita sering buang air kecil, terutama pada malam hari, dan dengan volume yang banyak.

3. Polidipsi

Kondisi ini terjadi karena saat tubuh menarik sejumlah besar cairan, sehingga akan  terus merasa haus dan merasa ingin minum dan minum terus.

4. Polifag

Merasa lemas hal ini disebabkan oleh insulin yang bermasalah sehingga sel tubuh tak dapat menyerap gula dengan baik sehingga tubuh akan kekurangan energi, dan saat hal ini terjadi otak akan merespon menjadi perassaan lapar.

5. Penurunan Berat Badan

Hal ini dikarenakan zat gula yang seharusnya diserap oleh tubuh yang akan diubah menjadi cadangan energi dan tersimpan ditubuh tetapi dikeluarkan bersama urin. Oleh karena itu tubuh kekurangan cadangan dan akhirnya terjadi penurunan berat badan.

Obat Alami untuk Diabetes

Berbagai pengobatan telah dilakukan bagi penderita diabetes mellitus baik secara kimiawi ataupun tradisional, berikut ini akan kita bahas mengenai bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat diabetes mellitus:
1.  Jagung Muda

Kandungan serat jagung muda dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Kandungan serat ini juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko kanker usus besar dan membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

2. Lidah Buaya

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio kandungan gula dalam darah. Menurut, Ayurveda seorang ahli pengobatan tradisional India, manfaat lidah buaya telah hipoglikemik. Yaitu dapat mengurangi kadar glukosa darah pada orang dengan diabetes.

3. Kulit Buah Manggis

Kandungan xanthone dalam buah manggis dapat berfungsi sebagai, zat  antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes yaitu mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes mellitus .

4. Daun Sambiloto

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di UGM dengan hewan uji mencit daun sambiloto dapat digunakan sebagai obat bagi penderita diabetes mellitus. Prof Dr Agung Endro Nugroho MSi Apt mengatakan diketahui daun sambiloto menagndung andrografolid, deoksiandrografolid, neoandrografolid, 14-deoksi-didehidroandrografolid dan homoandro-grafolid. Andrografolid dengan komponen fitokimia utama mampu menurunkan kadar glukosa darah dan ekspresi GLUT-4 pada tikus DM tipe 1.

Nah itu beberapa obat alami yang bisa anda gunakan sebagai obat Diabetes.  Semua obat herbal tersebut sangatlah mudah ditemukan di lingkungan kita.  Demikian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda.#Referensi informasi di atas dari ebrbagai sumber#

Kolom Komentar dan Bertanya