Mengecilkan Ukuran File Word 2007 yang Banyak Gambarnya

Jika anda memiliki sebuah dokumen Microsoft Word yang berisikan foto maka ukuran file anda tersebut lebih dari 1 MB.  Hal tersebut dikarenakan ukuran foto yang dimasukkan memiliki pixel besar.  Biasanya ukuran foto yang memiliki pixel besar yang diambil dari kamera digital dan DSLR.  Dokumen yang banyak foto/gambarnya tersebut akan terasa merepotkan jika harus dikirimkan melalui email.  Bayangkan jika filenya berukuran lebih dari 5 MB maka memerlukan waktu yang lama untuk upload dan terkadang gagal untuk di upload.

Selain memiliki ukuran file yang besar file word yang banyak fotonya berdampak negatif terhadap komputer kita karena untuk menavigasinya komputer harus bekerja lebih keras.  Kalau tidak percaya bandingkan anda scroll dokumen word yang banyak foto/gambar dengan yang hanya berisikan tulisan.  Maka file dokumen word banyak foto akan terasa berat.

Sebenarnya ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan ukuran file word yang banyak foto/gambarnya tersebut, yaitu:

  1. Sebelum anda memasukkan foto/gambar maka ukurannya harus dikecilkan terlebih dahulu, yaitu anda dapat menggunakan paint, photoscape, software lainnya.
  2. Anda dapat menurunkan kualitas foto setelah foto dimasukkan dengan tools yang sudah tersedia di word
  3. Mengecilkan ukuran file word dengan software khusus.

Nah pada kesempatan ini saya akan mengajarkan anda pada poin ke-2 karena caranya lumayan mudah.  Baiklah mari kita praktikkan secara langsung.

1. Buka file word anda yang memiliki banyak fotonya

2.  Ubah  format Text Wrapping foto, tujuannya agar dapat di pilih secara multiple dengan menekan CTRL dan pilih foto yg lain.

Tex wraping word 2007

3. Setelah foto diubah jenis Text Wrappingnya dan dipilih semua foto kemudian pilih menu Compress Pictures

cara compress picture word

4. Lalu Option untuk mengatur pengkmpressan

mengecilkan ukuran file word

5. Pilih yang jenis e-mail(96 ppi), setelah itu OK dan Save

mengecilkan ukuran file word 2007

Lihatlah hasilnya maka yang tadinya 3MB menjadi 300 Kb.

hasil pengecilan ukuran file word 2007

Nah dengan cara ini anda bisa upload dan mengirim file dokumen anda melalui email.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :-).

7 Comments

  1. Yani (Onyet) 26/09/2013 Reply
  2. ayuka 21/12/2013 Reply
  3. Jackal 05/03/2014 Reply
  4. arjun 08/05/2014 Reply
  5. Putri Pesona 18/11/2014 Reply
  6. Nyimas HT 23/01/2015 Reply
  7. ardi 24/01/2015 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya