Kandungan Gizi dan Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan

Labu (Pumpkin) merupakan tanaman yang termasuk dalam golongan tanaman hortikultura atau tanaman sayuran yang pohonnya merambat pada permukaan tanah, bentuk dari tanaman labu ini bermacam – macam ada yang lonjong ataupun yang berbentuk bulat. Seperti tanaman sayuran pada umumnya labu ini mengandung zat – zat yang bergizi bagi tubuh, adapun zat gizi yang terdapat pada labu adalah gula, serat, sedikit sodium, pottasium, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, sulfur, kalori, karbohidrat, protein, lemak, ß-karoten, tiamin, niacin, serat, dan vitamin A.

Picture from sheknows.com

Picture from sheknows.com

Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan

Bagian dari buah labu yang umumnya dikonsumsi adalah daging buahnya, bagi labu yang daging buahnya berwarna kuning hal ini menunjukkan adanya kandungan ß-karoten, zat ini merupakan sumber dari vitamin A yang salah satu manfaat dari vitamin A sendiri adalah untuk menjaga kesehatan mata kita. Selain ß-karoten dan berbagai macam zat yang telah disebutkan diatas terkandung dalam daging buah labu, labu juga mengandung zat antioksidan berfungsi dalam pencegahan penyakit kangker dan proteksi serangan kangker.

Berdasarkan riset biokimia tahun 1980 dilakukan sebuah studi di negara-negara bagian di Amerika mengenai kangker, dan hasil riset menunjukkan bahwa labu mampu memproteksi kangker paru-paru yang dijangkit oleh penduduk New Jersey, Amerika.

Selain daging buah bagian dari labu ini yang dapat dikonsumsi adalah biji, berbeda dengan daging buah labu yang umumnya diolah dengan cara direbus, dikukus, ataupun disayur biji buah labu dikonsumsi dalam bentuk kuaci, yaitu dengan cara mengeringkan biji buah labu, cara pembuatannya kurang lebih sama dengan pembuatan kuaci dari biji bunga matahari. Salah satu zat bermanfaat yang terdapat pada biji labu adalah pottasium, zat ini dapat bermanfaat dalam melancarkan buang air kecil.

Biji labu kuning juga mengandung Zn dan Mg yang sangat penting bagi kesehatan organ reproduksi yaitu kelenjar prostat. Selain kandungan zat-zat tersebut dikarenakan labu ini adalah tanaman sayuran, maka kandungan serat dalam labu ini juga sangat banyak serat ini berfungsi dalam melancarkan pencernaan. Bagi anda yang ingin mengurangi berat badan labu ini sangat baik dimasukkan sebagai menu diet untuk pengganti karbohidrat yaitu nasi, karena labu ini memiliki 60 kalori/100gr.

Nah begitu banyaknya manfaat labu kuning untuk kesehatan maka mulai dari sekarang marilah kita konsumsi sayuran ini.  Labu kuning ini pun bisa kita konsumsi dalam bentuk makanan sehingga jika anda dulunya tidak suka maka akan mengkonsumsi sayuran ini dengan enak.

Kolom Komentar dan Bertanya