Kandungan dan Manfaat Mengkonsumsi Coklat bagi Kesehatan

Ayo siapa yang tidak suka dengan coklat? hehe rata-rata semua orang suka dengan coklat yang manis dan enak.  Ternyata kandungan senyawa/gizi pada coklat banyak manfaatnya bagi tubuh kita.  Hemmm kira-kira apa kandungan dan manfaatnya ya? kita ulas saja langsung.

kandungan manfaat coklat

Coklat merupakan bentuk makanan atau minuman yang populer di dunia, semua kalangan umur rata-rata menyukai makanan atau minuman yang berbahan coklat. Coklat sendiri merupakan bentuk olahan dari biji kakao, baik berbentuk minuman ataupun makanan. Biji kakao yang telah diambil dari dalam buah kakao kemudian dikeringkan dan digiling menjadi  halus sehingga menjadi bubuk kakao, bubuk kakao inilah yang kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya makanan atau minuman dari coklat.

Kandungan Gizi Coklat

Coklat mengandung antioksi dan flavonoid, semakin besar kadar kakao dalam coklat maka semakin besar manfaat antioksidannya serta juga mengandung protein yang kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin dan tyrosin. Coklat memiliki kemampuan untuk menghambat kolesterol jahat dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker. Lemak pada coklat adalah lemak nabati yang sama sekali tidak mengandung kolesterol. Kandungan stearat yang tinggi pada coklat disinyalir menjadi penyebab mengapa lemak coklat tidak sejahat lemak hewan. Telah sejak lama diketahui bahwa stearat adalah asam lemak netral yang tidak akan memicu kolesterol darah.

Setelah kita ketahui kandungan yang terdapat pada coklat, berikut ini mari kita jabarkan mengenai mafaat dari coklat itu sendiri :

Manfaat Coklat bagi Kesehatan Tubuh

1. Obat Penenang

Coklat dapat menjadi penahan sakit, hal ini dikarenakan Coklat  dapat mengeluarkan endorphins yang membuat perasaan menjadi lebih tenang.

2. Antioksidan

Kandungan flavanoid yang terdapat pada coklat merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Coklat yang dapat membuat mood lebih baik hal ini dikarenakan kandungan caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah dan Melawan Kanker

Coklat dapat menghambat pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan.

5. Menghilangkan Stress

Coklat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat mengusir stress. Berdasarkan hasil penelitian dari Universitas California, Sandiego, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga tingkat depresi, mereka mengatakan makan coklat pada saat suasana hati mereka sedang sedih atau bad mood. Alasan dari pernyataan tersebut adalah karena cokelat juga mengandung molekul psikoaktif yang tentunya membuat pengkonsumsi cokelat merasa nyaman.

Nah itulah kandungan dan manfaat dari makanan dan minuman yang terbuat dari coklat.   Namun ada juga seseorang yang memakan coklat akan merasa mules perutnya oleh karena itu mengkonsumsi coklat harus jangan berlebihan.  Demikian informasi kesehatan singkat ini semoga bermanfaat untuk anda.

Kolom Komentar dan Bertanya