Es Buah Segar Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Sebentar lagi umat muslim akan memasuki bulan yang penuh berkah dan rahmat dari ALLOH SWT, yaitu Bulan Ramadhan. Pada bulan ini umat muslim diseluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa selama seharian penuh. Di Indonesia biasanya bulan puasa ini cenderung terjadi pada saat musim kemarau, sehingga dapat dibayangkan betapa panas  dan teriknya pada siang hari, yang membuat rasa haus semakin menjadi-jadi. Akibatnya, kita ketika akan berbuka puasa menginginkan sesuatu yang lebih segar untuk diminum.

cara membuat es buah

Illustration from kabarinews.com

Akan tetapi minuman segar ini tidak hanya harus menghilangkan dahaga saja, tetapi juga harus menyehatkan tubuh karena pada bulan puasa tubuh kita cenderung lebih mudah menurun kondisinya. Es buah merupakan salah satu minuman yang dapat direkomendasikan untuk berbuka puasa, hal ini dikarenakan buah-buah yang digunakan didalam pembuatan es ini merupakan buah segar yang memiliki banyak kandungan vitamin. Salah satu vitamin yang terdapat dalam buah adalah vitamin c, manfaat dari vitamin ini sendiri adalah dapat menjaga tubuh dari serangan virus dari luar yang dapat menimbulkan penyakit. Berikut ini adalah resep es buah segar untuk berbuka puasa:

Cara Membuat Es Buah

Bahan Es Buah

  1. 300 ml air
  2. 75 gr gula
  3. 1 buah lemon, dan diambil airnya saja
  4. 50 gr buah semangka yang sudah dibentuk bulat-bulat
  5. 50 gr buah apel yang sudah dibentuk bulat-bulat
  6. 4 buah strawberry yang dibelah menjadi empat bagian/buahnya
  7. ½ sendok teh daun basil yang sudah dicincang
  8. 5 lembar daun mint untuk hiasan es buah
  9. Es batu yang telah berbentuk kotak atau es batu yang telah dihancurkan

Cara Membuat Es Buah

  1. Rebus air bersamaan dengan gula sampai mendidih, dan terlihat gula telah terlarut dalam air, kemudian sisihkan dan dinginkan airebusan gula tersebut.
  2. Masukkan buah-buahan yang telah dipotong-potong kedalam gelas dan siramkan larutan air gula yang telah dingin diatasnya.
  3. Tambahkan air persan lemon dan daun basil kedalam gelas yang telah berisi buah dan larutan gula. Terakhir tambah kan es batu serta hias es buah tersebut dengan daun mint.

Zaman sekarang telah banyak pedagan es nakal yang menambahkan bahan berbahaya pada minumannya, oleh karena itu disarankan lebih baik kita membuat sendiri es buah yang tentunya lebih sehat dan menyegarkan,,,Selamat mencoba :-).

Kolom Komentar dan Bertanya