Efek Baik dan Buruk Bila Minum Kopi

Tanaman kopi adalah yang hidup subur di Indonesia, dikarenakan produksi kopi Indonesia yang cukup banyak maka Indonesia merupakan salah satu pengekspor kopi terbesar ke-4 didunia. Bagian dari tanaman kopi ini yang dimanfaatkan adalah baian buahnya, di dalam buah tersebut terdapat biji yang kelak akan diolah menjadi bubuk kopi.

Buah kopi yang telah dipanen awalnya dijemur, setelah kering buah-buah tersebut ditumbuh menggunakan mesin ataupun alu untuk memisahkan antara biji dan kulit buah kemudian setelah itu biji-biji tersebut disangrai sampai matang yang ditunjukkan dengan perubahan warna menjadi hitam. Setelah disangarai ini kemudian biji kopi siap dihaluskan yang kemudian akan dikonsumsi dalam bentuk minuman yaitu kopi ataupun sebagai campuran dlam pembuatan kue.

efek baik buruk minum kopi

Jenis kopi yang memiliki cita rasa terbaik adalah kopi arabika atau yang di Amerika lebih dikenal dengan kopi Jawa.  Zat yang dominan terdapat dalam kopi adalah kafein, zat ini memiliki rasa yang pahit oleh karena itu kopi berasa pahit. Pada awalnya kopi sendiri bernama qahwah yang berasal dari arab dengan arti energi, hal ini berarti bahwa kopi adalah minuman yang dapat meningkatkan energi seseorang adapun alasan dari peningkatan energi tersebut adalah karena adanya kandungan kafeini pada kopi, kafein dapat memecahkan gula cadangan dalam tubuh dan merubahnya menjadi energi.

Efek Positif (Baik) Minum Kopi

Seiring dengan terjadinya peningkatan energi maka aktivitas yang dilakukan oleh tubuh akan meningkat dan akan menyebabkan tubuh tetap terjaga. Kafein dalam kopi ini memiliki senyawa antioksidan yang dapat berperan dalam melawan radikal bebas dari luar yang dapat menyebabkan kangker, serta terbukti mencegah penyakit jantung karena antioksidan pada kopi dapat mengaktifkan asam nitrat pada tubuh sehingga terjadi pelebaran arteri. Kafein pada kopi juga dapat mencegah terjadinya diabetes mellitus tipe 2, hal ini disebabkan kafein dapat menjaga kadar insulin dalam tubuh.

Efek Negatif(Buruk) Minum Kopi

Kafein didalam kopi merupakan zat yang bersahabat bagi tubuh manusia tetapi juga dapat menjadi manusia jika mengkonsumsinya terlalu berlebihan. Biasanya seseorang yang mengkonsumsi kopi dalam kedaan perut kosong (belum makan apapun) dapat menyebabkan rasa perih diperut, hal ini dikarenakan kopi dapat meningkatkan asam lambung sehingga memicu penyakit maag. Bagi kaum wanita konsumsi kopi yang berlebihan dapat mengurangi kesuburan. Apapun bentuknya baik minuman ataupun makanan jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan efek negatif.

Nah itu dia efek positif dan negatif dalam mengkonsumsi minuman kopi.  Konsumsilah secara tepat agar tubuh anda sehat dari meminum kopi dan tidak berdampak buruk bila mengkonsumsi kopi berlebihan.

Kolom Komentar dan Bertanya