Dampak Buruk Jika Sering Marah bagi Kesehatan

Dampak negatif jika marahJika anda sering marah maka harus hati-hatilah, karena orang yang sering marah akan berdampak buruk untuk kesehatan anda.  Sifat marah termasuk dalam salah satu penyakit dari hati yang terdapat pada semua manusia, sifat marah ini biasanya terjadi akan tidak puasnya seseorang terhadap suatu kondisi sehingga tidak sesuai dengan keinginannya.

Marah itu sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu marah yang terpendam dan marah yang terungkap, kedua rasa marah ini sama berbahayanya. Berdasarkan studi di Amerika marah yang terpendam apabila terjadi berulang-ulang maka dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kangker sedangkan marah yang diungkapkan dapat menyebabkan penyakit jantung yang kronis dan membahayakan pembuluh jantung arteri.

Tekanan darah tinggi yang terjadi akibat marah disebabkan oleh detak jantung manusia yang bertambah pada setiap menitnya, sehingga jumlah darah yang diangkut kejantung pun akan semakun meningkat dan jantung mengartikan hal tersebut sebagai suatu pekerjaan yang ekstra keras(beban) terakhir akibat dari serangan darah tinggi ini dapat menyebabkan serangan jantung dan bahkan juga stoke.

Selain menyebabkan permasalahan pada pembuluh darah dan jantung marah juga berpengaruh terhadap hormon – hormon yang terdapat dalam tubuh. Salah satu contoh hormon yang yang dipengaruhi oleh marah adalah adalah hormon adrenalin, hormon ini apabila seseorang sedang marah akan menyebabkan peningkatan gula dalam darah oleh karena itu  apabila anda seorang penderita diabetes mellitus sangat disarankan untuk tidak bersifat lebih tenang dalam artian tidak marah.

Marah ini tidak hanya berdampak pada kesehatan jasmani seseorang tetapi berpengaruh juga pada sisi sosial. Seorang pemarah umumnya memiliki sifat egois dan emosi yang meluap-luap yang tinggi sehingga sulit menerima suatu pemikiran yang lahir dari pendapat orang lain, sesuatu yang lahir dari dari sifat pemarah ini adalah rusaknya jalinan antar manusia.

Salah satu cara yang dapat dilakuakan dalam meredam marah adalah dengan mengahadapi suatu permasalahan itu tidak dengan ego yang tinggi tetapi dengan pemikiran yang tenang dan melakukan sesuatu yang dapat membuat kirta rileks, sehingga tekanan dalam diri pun akan berkurang.

Nah mulai dari sekarang mari kita kendalikan rasa amarah kita agar kita lebih sehat, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya