Berbagai Manfaat Pohon dan Buah Kurma bagi Manusia

Saat Bulan Ramadhan anda pasti akan menjumpai buah kaya manfaat bagi kesehatan manusia.  Benar sekali, buah “Kurma” yang berasal dari daratan Arab banyak tersedia saat bulan puasa.  Kurma biasanya terdapat dalam menu hidangan berbuka puasa.  Oleh karena itu mari kita kenal apa itu Kurma dan dari mana asalnya serta khasiat apa yang kita rasakan jika mengkonsumsinya.

Tanaman kurma adalah tanaman dalam golongan dioecious yang memiliki pohon jantan dan betina secara terpisah. Perbanyakan tanaman kurma umumnya dilakukan dengan menggunakan sistem stek. Pembuahan yang terjadi pada tanaman ini dilakukan secara alami (serbuk sari) oleh angin. Tanaman ini termasuk dalam jenis tanaman palma dengan nama ilmiah Phoenix dactylifera, umumnya tanaman ini hidup didaerah yang kering seperti arab saudi,  Irak, Turki, Afrika utara, maroko dan negara semenanjung arab lainnya.

manfaat buah dan pohon kurma

Seperti yang sudah kita ketahui tanaman kurma yang dikonsumsi adalah buahnya, karena buah kurma ini memiliki cita rasa yang manis dan daging buahnya yang legit. Ada banyak jenis kurma yang diketahui adapun diantaranya adalah, kurma nabi, kurma sakki, kurma kholas, kurma barhi, kurma khidri, kurma mactoumi, kurma siraj, kurma majol dan kurma monief. Pembeda dari setiap kurma ini adalah warna kurma dan perbedaan tingkat rasa manisnya. Zat-zat yang terkandung didalam kurma adalah gula, protein, lemak,mineral ( tembaga, besi, magnesium, dan asam folat), kalium, serat, dan tannin. Berdasarkan semua kandungan tersebut kurma tentu memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Adapun beberapa manfaat kurma bagi kesehatan manusia adalah sebagai berikut:

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

  1. Kandungan tannin yang tinggi pada kurma menyebabkan kurma dapat digunakan sebagai pembersih pada usus yang mermasalah dan mencegah tubuh terkena berbagai infeksi dari luar.
  2. Zat besi yang terkandung dalam kurma dapat membantu memperkaya oksigen didalam darah.
  3. Kalium dapat memberikan melindungi dari serangan penyakit jantung koroner, hal ini dikarenakan kalium dapat mengendalikan tekanan darah.
  4. Berdasarkan hasil penelitian dari Prof. Madya Aisyah Mohd Zain Pensyarah Universitas Putra Malaysia,menunjukkan bahawa jus kurma dapat mencegah sembelit, lemah otot, lesu dan kangker usus besar dan menambah daya ingat seseorang.
  5. Mengaktifkan hormon Oksitosin dan Potuchsin  yang berperan dalam membantu persalinan dan  mengembalikan kesehatan pasca persalian dan membantu dalam memperlancar seorang ibu memproduksi ASI.
  6. Kalsium penting dalam pembentukan tulang dan gigi, serta dibutuhkan untuk penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.

Manfaat Bagian Pohon Kurma

Tanaman kurma tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat tetapi juga pelepah/ daun kurma serta batangnya juga bermanfaat. Pelepah kurma dapat dijadikan sebagai atap-atap rumah seprti yang dilakukan masyarakat afrika, bahkan daun-daun kurma juga dapat dianyam untuk menjadi tikar. Batang-batang kurma juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi bangunan.

Jadi mulai dari tanaman hingga buahnya ternyata kurma bisa dimanfaatkan bagi manusia.  Nah demikian informasi terkait Kurma semoga wawasan kita mengenai buah ini semakin bertambah.

Kolom Komentar dan Bertanya