Beberapa Manfaat Madu untuk Kesehatan

Pasti semuanya sudah tau begitu banyaknya manfaat madu untuk kesehatan kita.  Madu merupakan cairan yang kental dan berasa manis yang dikumpulkan oleh lebah dari sari-sari bunga. Warna dan jenis gula yang terdapat pada madu tergantung dari jenis sari bunga yang dikumpulkan oleh lebah, umumnya 70% kandungan dari madu adalah gula. Adapun unsur-unsur penyusun dari madu adalah glukosa, fruktosa, maltosa, sukrosa, karbohidrat, enzim diatase, enzim invertase dan juga vitamin B1, B3 dan B6.

Pemanfaatan madu bagi kehidupan manusia diperkirakan sudah berlangsung sejak 10.000 tahun yang lalu, penggalian benda-benda kuno yang dilakukan di Giza Mesir, menemukan sebuah wadah yang didalamnya terdapat madu di dalam piramid diperkirakan usia madu tersebut adalah 3300 tahun. Meskipun seperti itu madu tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda madu tersebut telah rusak, ciri-ciri madu tersebut baik warna ataupun aromanya masih sama seperti madu muri yang masih baru. Madu tidak hanya dimanfaatkan bagi bahan makanan atau sebagai pemanis saja tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Picture From honeyfanatic.com

Picture From honeyfanatic.com

Manfaat Madu

Berikut ini adalah keistimewaan pengobatan dengan madu:

  • Menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur

Dokter ahli bernama Skeyt pernah mengadakan penelitian mengenai dampak madu pada bakteri. Ia mmbiakkan berbagai macam bakteri dari berbagai didalam madu, hasil dari penelitian menunjukkan bakteri-bakteri tersebut mati hanya dalam beberapa jam.

  • Atioksidan

Berdasarkan hasil penelitian madu dapat meningkatkan antioksidan dalam darah.

  • Penambah Haemoglobin

Di beberapa rumah Sakit Swiss diadakan penelitian mengenai dampak positif madu pada haemoglobin, hasilnya menunjukkan bahwa madu dapat menambah kadar haemoglobin 75-80% dalam jangka waktu 1 minggu untuk penyakit apapun setelah terapi penyembuhan dengan madu.

  • Obat penyembuh luka

Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu mengandung zat yang mampu mempercepat pertumbuhan sel-sel dan pembagiannya (secara alami). Seorang dokter dari Jerman mengobati luka-luka dengan menggunakan madu pada praktiknya dan berhasil, meskipun dilakukan pembersihan terlebih dahulu p-ada luka tersebut.

  • Pencegah Kanker

Akhir-akhir ini banyak dokter yang mengeluhkan tumbuhnya tumor didaerah tempat luka bekas operasi pengangkatan tumor.  Berdasarkan ulasan majalah Archives of Surgery yang dibuat oleh tim dokter Universitas Istambul, salep madu dapat mencegah munculnya tumor baru akibat pembasmian luka pada operasi.

Nah jika anda ingin sehat maka konsumsilah madu.  Sering kita mengkonsumsinya maka kita akan lebih sehat.

Kolom Komentar dan Bertanya