Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Susah tidur merupakan masala penting untuk semua manusia karena berpengaruh terhadap aktivitas di pagi harinya. Bisanya gejala susah tidur ini dinamakan insomnia, penderita insomnia ini menyerang berbagai kalangan yaitu dari yang muda hingga tua. Sebenarnya susah tidur ini diakibatkan rata-rata mereka mengidap penyakit dan gangguan psikologis. Namun jangan khawatir penderita insomnia bisa diatasi dengan berbagai cara.

Banyak kalangan muda hingga tua mengeluh dengan adanya inomnia ini apalagi bagi mereka yang harus melakukan aktifitas di pagi harinya seperti bekerja. Gangguan ini menyebabkan kinerja kita saat esok harinya menurun karena tubuh kita beristirahat sedikit. Nah pada kesempatan ini saya akan sharing bagaimana cara mengatasi susah tidur di malam hari yang saya baca dari berbagai sumber.

Penyeab Susah Tidur

1. Dikarenakan Penyakit

dalam hal ini insomnia bukanlah penyakit, namun timbulnya insonia diakibatkan karena penyakit lain yang diidap oleh penderita, misalnya stroke.

2. Gangguan Psikis

Jika seserang memiliki beban pikiran dan emosi tinggi maka berpeluang besar susah tidur saa malam harinya. Hal tersebut diakibatkan karena tingkat kecemasan di dalam pikirannya timbul sehingga saat malam hari saat jam tidur otak masih memikirkan sesuatu yang seharusnya pada jam tersebut otak harus relax beristirahat.

3. Efek samping obat dan makanan – minuman

Jika anda mengonsumsi obat maka akan memiliki efek samping agar mata anda tetap terjaga. Selain itu jika anda sering mengonsumsi minuman berkafein maka membuat mata anda susah untuk terlelap.

4. Kebiasaan

Insomnia bisa diakibatkan adanya kebiasaan dimana jika belum larut malam maka tubuh tidak mau istirahat. Biasanya kebiasaan ini banyak dialami oleh anak muda.

Cara Mengatasi Susah Tidur

Sebenarnya banyak cara yang kita lakukan untuk mengatasi hal ini yaitu:

1. Konsumsi obat, biasanya penderita susah tidur menggunakan obat tidur untuk mengatasinya

2. Tenangkan pikiran dari segala sesuatu, hal ini membantu otak ana untuk rileks

3. Cara tidur, matikan lampu untuk mengurangi intensitas cahaya ke mata anda lalu atur posisi tidur anda serileks mungkin.

Nah mungkin hal di atas dapat membantu anda yang sering susah tidur saat malam harinya. Semoga bermanfaat, baca terus kusnendar.web.id untuk mendapatkan informasi terbaru.

Kolom Komentar dan Bertanya