Mengusir Nyamuk Secara Alami dan Aman Bagi Kesehatan

Nyamuk merupakahn hewan kecil namun membuat orang menjadi kualahan untuk mengatasinya. Nyamuk tidak bisa dianggak sepele karena mulai dari nyamuklah sumber penyakit menyebar. Contoh penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk yaitu seperti DBD, Malaria, kaki gajah dll yang sangat sulit disembuhkan jika kita menderitanya. Oleh karena itu lebih baik kita mencegahnya daripada mengobatinya. Tindakan yang paling aman yaitu tindakan pencegahan dan pemberantasan yang dapat kita lakukan dengan insektisida. Namun pemakaian bahan kimia di lingkungan manusia jika dilakukan secara terus-menerus akan berdampak negatif bagi kesehatan. Oleh karena itu perlu dicari tindakan mengusir nyamuk secara alami dan aman bagi kesehatan.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips cara mengusir nyamuk secara alami dan aman bagi kesehatan anda. Cara yang akan saya share ini semuanya dari berbahan alami tidak menggunakan bahan kimia sehinnga aman bagi kesehtan keluarga.

Cara Alami Mengusir Nyamuk

1. Jeruk Nipis dan Bunga Cengkeh

 

Picture from snopes.com

Picture from snopes.com

Cara membuatnya pun sangat sederhana yaitu anda hanya membelah jeruk nipis lau pada tiap belahan anda tancapkan bunga cengeh. Kombinasi aroma jeruk nipis dengan bunga cengkeh itulah yang membuat nyamuk tidak suka.

 

2. Daun Sukun

daun sukun pengusir nyamuk

Picture from sbeja.com

Mungkin anda hanya tau daun sukun bermanfaat untuk kesehatan jika diseduh menjadi minuman. Namun jika kita perhatikan daunnya sangat bermanfaat untuk mengusir nyamuk terutama daun kering yang sudah berguguran dari tangkainya. Caranya sangat mudah anda hanya memunguti daun tua tanaman sukun dan menyimpannya di ruangan anda. Atau anda bisa juga membuat seperti alat elektronik pengusir nyamuk namun bahan pengusirnya yait daun tanaman sukun yang dipanaskand engan alat itu.

 

3. Jebakan Sederhana Nyamuk

membuat perangkap nyamuk alami

Picture from beforeitsnews.com

Cara membuat jebakan ini sangat mudah karena dari bahan-bahan yang mudah didapatkan dan memanfaatkan barang bekas.

Bahan dan alat yang diperlukan:

  • Botol air mineral ukuran 1,5 Liter
  • 1 gram ragi
  • 1,5 l air
  • 50 gram gla aren

Cara Membuat:

  • Potong botol mineral menjadi dua pagian yaitu pada tengah botol.
  • Campurkan gula aren dengan air panas, diamkan sampai dingin lalu masukkan ke bagian botol bawah
  • Tambahkan ragi,
  • Satukan bagian atas dan bawah botol, bagian atas botol dimasukkan pada bagian bawah botol yang sudah terpotong dengan posisi terbalik kemudian rekatkan dengan lem atau lakban
  • Bungkus botol dengan warna hitam dan letakkan pada tempat yan banyak nyamuknya

Maka nyamuk akan masuk ke dalam perangkap dikarena kan ragi menghasilkan CO2 yang memikat nyamuk. Nah itulah beberapa cara dalam tindakan pencegahan dan mengusir nyamuk secara alami dan aman bagi kesehatan jika di terapkan.

Selain cara tersebut anda juga bisa mengusir nyamuk secara alami yaitu dengan menanam bunga pengusir nyamuk di pot.  Sehingga selain sebagai penghias ruangan namun memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya