Ada Apa dengan Kusnendar.web.id?

Tanggal 21 Mei 2013 entah apa yang terjadi dengan situs www.kusnendar.web.id.  Terjadi penurunan drastis pengunjung pada grafik visitor.  Saya sebagai pemiliknya pun heran dengan hal ini.  Kemudian saya melakukan pengecekan terhadap artikel yang sebelumnya sudah terindex di Google ternyata semuanya hilang begitu saja.

visitor kusnendar menurun

Gejala terhadap kusnendar.web.id

1.  Visitor turun drastis sampai 90%

2. Index artikel di Google menurun drastis tiap harinya

Atas kejadian ini saya mencari tahu penyebabnya.  Memang saya akui selama 4 hari sebelumnya hosting yang dipakai blog ini mengalami gangguan sehingga Googlebot tidak bisa mengakses blog saya ini.  Hal tersebut ditandai dengan peringatan pesan di Google Webmaster Tools.

Kesalahan server pada kusnendar web id

Selanjutnya perkiraanku kusnendar.web.id ini terindikasi Google Sandbox yaitu pinalti yang diberikan Google terhadap situs yang melakukan over optimasi terhadap blog.  Namun difikir-fikir selama ini saya tidak melakukan sesuatu hal yang melanggar TOS Google dan selalu membuat artikel yang bermanfaat untuk orang lain.

Namun dilihat dari gejala-gejalanya blog ini terkena google sandbox walaupun itu tidak pasti.  Oleh karena itu saya mencari bagaimana keluar dari penjara ini.

Cara Keluar dari Google Sandbox

1. Perbaiki artikel anda yang kira2 melakukan pelanggaran terhadap TOS atau optimasi berlebihan

2. Kirim atau resubmit lagi Webmaster Tools blog anda

3. Buatlah artikel tentang pembahasan Google Sandbox seperti ini dan berikan link ke google.co.id

4. Melakukan Reconsideration Requests di Google Webmaster.  Tujuannya adalah untuk pihak Google melakukan review kembali blog kita.

5. Anda janganlah panik, lakukan posting terus menerus dan tentunya artikel yang diposting yang berkualitas dan unik mungkin

6. Terkhir adalah doa 🙂

Semoga blog www.kusnendar.web.id ini bisa kembali pulih seperti dulu sehingga dapat berbagi informasi untuk anda semuanya, amiin :-).

Kolom Komentar dan Bertanya