Membuat Tombol Form Option Control di Excel

Tulisan ini merupakan praktik dari tulisan saya sebelumnya yaitu memunculkan tombol form di Excel.  Sebenarnya dengan menggunakan Excel saja kita sudah mampu membuat program dan menyajikan data yang cukup bagus.  Apalagi adanya tombol (button) yang sudah tersedia di Excel.  Tombl ini berfungsi untuk memudahkan kita dalam menavigasi dan menjalankan program atau menampilkan dokumen kita.

Pada kesempatan ini saya akan sharing cara dasar dalam membuat dan mempergunakkan tombol form control di Excel.  Mungkin langsung kita praktikkan sekarang, contoh kasusnya yaitu kita akan membuat tombol pada hari:

1.  Silahkan anda buat seperti di bawah ini, berikan warna pada kolom seperti yang saya buat untuk tampilannya terlihat bagus.

Membuat tombol di excel

2. Setelah itu pilihlah menu Developer , jika tidak ada silahkan anda munculkan, caranya bisa anda baca pada artikel yang sudah saya ulas sebelumnya: Cara memmunculkan button di Excel.

membuat button di excel

Kemudian pilih Icon Insert dan pilih button yg anda inginkan.  Kalau saya memakai “Option Button

3. Kemudian drag pada kolom cell sebelah Hari Senin.  Atur posisinya yang pas dan bagus, kemudian hapus tulisan “Option Button” sehingga nantinya hanya menyisakan tombolnya saja seperti di bawah ini:

Option button excel

4. Selanjutnya kita edit tombolnya agar terlihat bagus.  Caranya arahkan kursor mouse anda ke button yang sudah dibuat tadi, lalu tekan tombol mouse kanan anda.  lalu pilih menu “Format Control”.

format tombol5.  Setelah itu akan muncul kotak “Format Control”.  Yang perlu diperhatikan yaitu pada “3-D Shadding” dan “Cell Link”

edit tombol di excel

3-D Shadding untuk memberikan efek emboss pada tombol, dan Cell Link untuk seagai informasi letak tombol berada di baris di cell.

6. Selanjutnya yaitu copy tombol pertama ke bagian seluruh samping hari:

tombol button excel7. Nah berikut hasil akhir dari pembuatan tombolnya:

cara membuat tombol di excel

Sangat mudah sekali bukan dalam membuat tombol di excel.  Tombol ini sangat bermanfaat jika dikombinasikan dengan rumus di Excel terutama rumus INDEX.  Cara kerjanya yaitu dengan memanfaatkan “Cell Link”.  Jika anda belum jelas dengan tutorialnya silahkan anda tulis pertanyaan anda di kolom komentar atau hubungi saya di menu KONTAK, semoga bermanfaat.

12 Comments

  1. OCTA 03/06/2013 Reply
    • kusnendar 03/06/2013 Reply
    • turangga ametung 12/02/2014 Reply
      • kusnendar 13/02/2014 Reply
  2. IRAWAN 27/06/2013 Reply
    • kusnendar 27/06/2013 Reply
  3. titi 13/07/2013 Reply
    • kusnendar 14/07/2013 Reply
  4. duan 22/07/2013 Reply
    • kusnendar 22/07/2013 Reply
  5. akbar 25/08/2013 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya