Estimasi Biaya untuk Membuat Aquascape Sederhana

Saya mau cerita nih saat saya berkunjung ke kosan teman saya di Kampung Baru – Lampung.   Di kosan teman saya itu muncul benih hobi baru yaitu setelah melihat aquarium yang isinya ornamen hiasan dan ikan kecil di dalamnya terlihat rapih dan indah.  Aquascape namanya, yaitu  kegiatan mengatur dan menata batu, kayu, dan tanaman agar terlihat lebih indah dan mengandung nilai estetika.

Biaya Buat Aquascape

Ternyata dalam membuat aquascape gampang – gampang susah, dengan bermodalkan biaya yang pas-pasan kita bisa membuatnya.  Nah karena saya ingin membuat aquascape maka saya bertanya dengan teman saya berapa estimasi biaya untuk membuat aquascape sederhana.

Estimasi Biaya untuk Membuat Aquascape Sederhana

Berikut bahan – bahan yang dibutuhkan dan perkiraan dana yang diperlukan

1. Aquarium

Terbuat dari kaca dan lem kaca, untuk membuatnya tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak yaitu sekitar Rp. 65.000 sudah bisa digunakan aquariumnya dengan ukuran 60x40x40 cm.  Biaya tersebut jika aquariumnya dibuat di tukang toko kaca.  Anda hanya tinggal memesan dan mendesain aquariumnya saja.

2. Filter

Filter berguna untuk menyaring air agar air di aquascape selalu bersih.  Harganya beragam ada yang Rp. 50.000-an.

3. Lampu

Lampu bisa kita buat sendiri dengan lampu neon yang menghasilkan cahaya putih.  Gunanya lampu ini yaitu pengganti sinar matahari untuk tanaman di aquascape.

4.  Ornamen Hiasan (Batu Fosil + Kayu)

Di aquscape wajib adanya batu fosil dan kayu untuk mempercantik aquascapenya.  Kedua ornamen tersebut bisa anda cari sendiri di pantai atau di lingkungan sekitar anda.  Atau bisa membelinya, untuk Batu Fosil harganya sekitar Rp. 6.000/Kg dan Kayu Rp. 40.000/jenis.

5. Pupuk Dasar

Pupuk dasar berupa pupuk padatan yang diletakkan sebelum pasir malang.  Pupuk dasar berguna untuk memberikan nutrisi untuk tanaman yang tumbuh di lapisan pasir malang.  Harga pupuk dasar berkisar Rp. 100.000/Kg.

6. Pasir Malang

Aquascape pasti harus ada pasir malang, gunanya untuk tempat tumbuh dan peletakkan ornamen, harganya  sekitar Rp. 25.000.

7. Pupuk Dasar

Pupuk dasar berguna untuk memberikan nutrisi pada tanaman yang menempel pada bebatuan dan kayu ornamen, harganya sekitar Rp. 25.000

8. Ikan

Untuk memilih jenis ikan harus hati – hati ya, pilih ikan bukan pemakan rumput (Herbivor).  Kemudian untuk membeli harus perhatikan ukuran aquscapenya, jika ukurannya kecil belilah ikan yang kecil seperti ikan Neon Tetra dan Ikan Gaby.  Harganya bermacam – macam ada 1 ikannya Rp. 1.000.

IMG-20130426-00431

Jadi jika di total untuk membuat Aquascape seperti punya teman saya ini memakan biaya sekitar Rp. 350.000-an.  Sangat murah sekali bukan, manfaat dari aquascape ini yaitu dapat menghilangkan rasa penat dan jenuh kita saat pulang kerja, mari kita buat Aquascape.

2 Comments

  1. Abdul fatah 02/04/2014 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya