Rumus Fungsi Logika Excel yang Bermanfaat di Dunia Kerja

Pada tulisan yang lalu saya sudah mengulas beberapa fungsi rumus matematika di Excel.  Di dunia Kerja dalam menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan M.Excel tidaklah cukup menggunakan rumus matematika saja akan tetapi perlu fungsi lain seperti rumus logika sebagai pembantunya.

Fungsi logika dalam excel ini digunakan untuk menyelesaikan data yang tidak bisa diselesaikan oleh fungsi/rumus matematika.  Selain itu fungsi logika untuk membantu pengolahan data campuran yaitu seperti kombinasi angka dan tulisan. Nah pada kesempatan ini saya akan sharing mengenai fungsi Logika yang sering digunakan di dunia kerja beserta cara pemakaiannya.

Rumus Logika Excel Beserta Fungsinya

1. IF

Fungsi logika ini sering digunakan terutama pengolahan data penerjemahan angka ke dalam bentuk tulisan.  IF jika ditinjau dari artinya berarti (Jika), berikut cara pemakaiannya.

Misal kita akan memberi keterangan nilai Huruf berdasarkan nilai angka dengan syarat nilai: A = >75; B= >65; C= >55; D= >45; E= <45.

Rumus Logika IF EXCEL

Ketikkan rumus logika seperti diatas.  Berikut hasil lengapnya:

Belajar fungsi IF Excel

2. OR dan AND

Memang keduanya adalah bagian dari fungsi logika akan tetapi jika dipergunakan secara sendiri fungsi ini tidaklah begitu berarti.  Jadi untuk mempergunakan rumus fungsi kedua ini perlu kombinasi dengan fungsi IF.  Nah untuk cara mempergunakan kombinasi kedua fungsi ini saya ulas pada tuisan lainnya.

Namun jika anda menguasai fungsi/rumus logika IF saja maka semua pekerjaan anda akan terselesaikan.  Mengapa saya katakan hal demikian? karena fungsi IF merupakan rumus induk logika.  Agar lebih sempurna lagi anda perlu menambahkan rumus logika atau matematika kedalam fungsi IF seperti OR, AND, SUM, COUNT dll.  Demikian infrmasi yang bisa saya berikan semoga bermanfaat bagi anda.  Baca terus kusnendar.web.id dan cari tulisan/informasi yang anda butuhkan, jika informasi yang anda cari tidak ada anda bisa kontak saya :-).

Kolom Komentar dan Bertanya