Membuat Menu List Pilihan (Drop Down) di Form M. Access

Pada postingan sebelumnya saya telah sharing cara membuat Form Isian Data Entri dengan Menggunakan M.Access.   Agar lebih praktis saat memasukkan data melalui form alangkah lebih baiknya dalam form tersebut dibuat menu list drop down berupa pilihan daftar yang harus isian.  Pada kesempatan ini saya akan berbagi ilmu mengenai hal tersebut.

Silahkan anda buat format tabel seperti di bawah ini:

Daftar tabel untuk access

Untuk membuat tabel seperti di atas anda bisa membaca tutorialnya di postingan sebelumnya.

Nah pada kolom “Lulusan” kita akan membuat pilihan menunya yaitu SMA, D3, S1, dan S2.  Nah caranya silahkan anda buat tabel baru.  Caranya silahkan anda pilih menu Create>>Table.  Lalu isikan daftar pilihan lulusannya.

menu lulusan

Setelah itu pilih menu View>>Design View.  lalu beri nama file tabel dengan nama lulusan.

menu design view

Kemudian Simpan tabel tersebut dengan nama Lulusan.  Lalu pilih Menu View>>DataSheet View agar terlihat format tabelnya.

Selanjutnya silahkan anda buka tabel Pekerja yang sudah di buat pada awal tadi.  Lalu pilih menu View>>Design View lagi.  Pada format “Lulusan” silahkan anda pilih Look Up Wizard .

Look up Wizard

Setelah itu akan muncul Kotak Look Wizard, silahkan anda pilih NEXT saja.  Setelah itu akan muncul Kotak lagi, piih Table lalu NEXT.

Tanle lulusan

Selanjutnya anda pilih “LULUSAN” dengan menekan tombol “>” .  Hal tersebut dikarenakan hanya daftar pilihan lulusanlah yang akan kita buat.  Pilih NEXT lagi.

select lulusan

Jika anda ingin mengurutkan daftar list secara Alfabetis  silahkan klik Accending.  Namun jika tidak biarkan saja lalu klik NEXT.

Accending

Setelah itu klik NEXT lagi.

siap jadi

Lalu klik FINISH.  Setelah itu tekan CTRL+S untuk menyimpan hasil anda.  Kemudian pilih menu View>>Datasheet View untuk melihat hasilnya.

Cara membuat drop down menu di access

Nah sekarang coba anda buat Form isiannya ya, caranya bisa anda baca di tuorial sebelumnya.  Maka nantinya hasilnya akan seperti di bawah ini.

Drop Down Menu di Form Isian Access

Dengan cara begini maka anda lebih cepat dalam memasukkan data ke data base anda tanpa haru  mengetikkan semua data.  Demikian sharing pada kesempatan kali ini, tunggu sharing mengenai Microsoft Access berikutnya :-), selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

2 Comments

  1. Asianto 23/06/2016 Reply
    • kusnendar 27/06/2016 Reply

Kolom Komentar dan Bertanya